PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS TEKS FIKSI BERBANTUAN GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS IV SDN PAKIS 01
Winda Kumalasari, 1401416190 (2020) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS TEKS FIKSI BERBANTUAN GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS IV SDN PAKIS 01. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS TEKS FIKSI BERBANTUAN GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS IV SDN PAKIS 01)
- Published Version
Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa kelas IV SD terhadap menulis teks fiksi yang disebabkan karena belum ada bahan ajar yang tepat dalam membantu siswa mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan menulis teks fiksi yakni, 1) menghasilkan buku panduan menulis teks fiksi siswa kelas IV SD, 2) menguji kelayakan buku panduan menulis teks fiksi, dan 3) menguji keefektifan buku panduan menulis teks fiksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada teori Borg and Gall yang memiliki 10 tahap pelaksanaan namun peneliti membatasi pada 8 tahap pelaksanaan (Sugiyono, 2015. 409-427), diantaranya adalah 1) memetakan potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) merevisi desain, 6) uji coba produk, 7) merevisi produk, dan 8) uji pemakaian. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut: a) buku panduan yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa, b) hasil uji kelayakan yang dilakukan validator materi mendapat rata-rata 96,43% dengan kategori sangat layak dan ahli media mendapatkan rata-rata 86,11% dengan kategori sangat layak, c) uji kelayakan oleh guru dan siswa pada uji lapangan awal mendapat rata-rata 91% dari guru kelas IV SDN Sumberejo 01 dan 86,22% dari siswa, dan d) pada uji kefektifan buku panduan menulis teks fiksi berbantuan gambar seri pada siswa kelas IV SDN Pakis 01 menghasilkan rata-rata nilai sebelum (pretest) adalah 52,35 dan rata-rata sesudah (posttest) adalah 74. Buku panduan menulis teks fiksi efektif digunakan pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis teks fiksi dilihat dari hasil uji perbedaan rata-rata belajar Pada nilai tabel yaitu 0,000 kurang dari 0,005 (p < 0,05), disimpulkan bahwa rata-rata nilai sebelum (pretest) dan rata-rata nilai akhir (posttest) mengalami perubahan yang signifikan. Data perhitungan N-gain sebesar 0,4377 dilihat dari selisih hasil pretest dan posttest. Simpulan hasil penelitian ini yaitu buku panduan menulis teks fiksi berbantuan gambar seri layak oleh para ahli dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia pada materi menulis teks fiksi. Peneliti menyarankan agar guru mengembangkan buku panduan yang bervariasi sehingga pemahaman dan keterampilan berbahasa siswa dapat meningkat
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku panduan; gamber seri; teks fiksi. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 03:08 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 03:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40459 |
Actions (login required)
View Item |