EFEKTIFITAS PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH PACUL KABUPATEN TEGAL


Khaerun Nisa S, 1401416174 (2020) EFEKTIFITAS PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH PACUL KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of EFEKTIFITAS PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH PACUL KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (EFEKTIFITAS PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH PACUL KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang menyebabkan kurang berhasilnya proses pembelajaran Matematika adalah guru masih kurang inovatif dalam menggunakan model dan pendekatan pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik dengan pembelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan pendekatan open-ended ditinjau dari minat dan hasil belajar Matematika antara kelas yang menggunakan pendekatan open-ended dengan yang menggunakan pendekatan konvensional pada materi bangun ruang kubus dan balok di kelas V. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Pacul Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 50 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VA dan VB. Sampel pada penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol, uji coba instrumen dilakukan di kelas V SD Negeri Dawuhan Kabupaten Tegal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data yaitu uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas dan homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan independent samples t test dan one samples t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis perbedaan minat belajar siswa dengan perhitungan menggunakan rumus independent samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (3,202 > 2,011), sehingga H01 ditolak. Perhitungan uji keefektifan minat belajar menggunakan uji one samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (3,905 > 2,064), sehingga H0 ditolak. Hasil uji hipotesis perbedaan hasil belajar siswa menggunakan rumus independent samples t test menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,312 > 2,011), sehingga H01 ditolak. Perhitungan uji keefektifan minat belajar menggunakan uji one samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (4,614 > 2,064) , sehingga H0 ditolak. Simpulan penelitian skripsi ini adalah penerapan pendekatan open-ended terbukti efektif ditinjau dari minat dan hasil belajar siswa daripada pendekatan konvensional. Saran dari penelitian ini adalah guru dapat menerapkan pendekatan open-ended sebagai alternatif dalam melaksanakan proses pembelajaran matematika, serta sekolah dapat memberikan sosialisasi kepada guru mengenai pendekatan open-ended

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Minat Belajar; Pembelajaran Matematika; Pendekatan Open-Ended.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 23 Oct 2020 02:50
Last Modified: 23 Oct 2020 02:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40448

Actions (login required)

View Item View Item