PENDIDIKAN KARAKTER DAN REWARD DALAM MENGUATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 KELAS IV SDN PURWOSARI 02 SEMARANG


Ferindra Sari, 1401416167 (2020) PENDIDIKAN KARAKTER DAN REWARD DALAM MENGUATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 KELAS IV SDN PURWOSARI 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENDIDIKAN KARAKTER DAN REWARD DALAM MENGUATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 KELAS IV SDN PURWOSARI 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENDIDIKAN KARAKTER DAN REWARD DALAM MENGUATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 KELAS IV SDN PURWOSARI 02 SEMARANG) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemajuan suatu bangsa dilihat pada kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas pendidikan. Motivasi belajar siswa menjadi salah satu faktor yang ikut dalam menentukan keberhasilan peningkatan kualitas pendidikan. Untuk menghadapi tantangan motivasi belajar di era revolusi industri 4.0, siswa perlu dibekali pendidikan karakter luhur. Selain itu, strategi guru dalam mengelola pembelajaran, misalnya dengan pemberian reward. Melalui pendidikan karakter dan reward, pembiasaan untuk memanfaatkan waktu luang dengan kegiatan positif sehingga mampu menguatkan motivasi belajar siswa. Tujuan diadakannya penelitian ini guna mendeskripsikan pendidikan karakter dan reward dalam menguatkan motivasi belajar siswa era revolusi industri 4.0 di SDN Purwosari 02. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Data utama yang digunakan untuk hasil wawancara, observasi, dan angket. Selain itu, data sekunder juga diperoleh melalui dokumentasi dokumen-dokumen yang terkait dengan pendidikan karakter, reward, dan motivasi belajar siswa. Teknik pengambilan data menggunakan observasi partisipan, wawancara semiterstruktur, angket, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan sebelum dan sesudah di lapangan. Adapun sebelum di lapangan dilakukan dengan melakukan prapenelitian, sedangkan setelah di lapangan analisis data menggunakan miles and hubberman. Teknik keabsahan data terdiri atas derajat kepercayaan, keteralihan, konsistensi dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter secara perlahan mampu menanamkan dan membentuk pembiasaan baik terutama pada karakter religius, jujur dan gemar membaca. Reward mampu menguatkan motivasi belajar siswa, terlihat bahwa siswa lebih antusias dan aktif saat pembelajaran ketika guru menunjukkan reward yang akan diberikan. Secara garis besar, faktor pendukung pendidikan karakter dalam menguatkan motivasi belajar siswa adalah melalui program sekolah yang berkaitan dengan pembiasaan karakter luhur. Pemberian reward berupa ucapan dan benda mampu menguatan motivasi belajar siswa. Faktor penghambatnya adalah karakter bawaan yang sudah melekat pada diri siswa susah untuk dirubah dan reward yang diberikan kurang menarik perhatian siswa untuk aktif dalam pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap motivasi belajarnya. Simpulan penelitian ini adalah pendidikan karakter dan reward mampu menguatkan motivasi belajar siswa era revolusi industri 4.0. Sesudah pendidikan karakter dan reward diterapkan motivasi belajar siswa menguat secara bertahap. Peneliti berharap pendidikan karakter dan reward dalam menguatkan motivasi belajar tidak hanya berlaku di lingkungan sekolah dan bersifat sementara. Sehingga masalah degradasi moral dan dirupsi teknologi tidak menjadi masalah yang dikhawatirkan negara ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar Siswa; Pendidikan Karakter; Reward.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 23 Oct 2020 02:48
Last Modified: 23 Oct 2020 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40447

Actions (login required)

View Item View Item