SISTEM POIN DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN DAN KEMANDIRIAN SISWA DI ERA GENERASI Z KELAS IV SDN TAMBAKAJI 2 KOTA SEMARANG
Puji Siwi Utami, 1401416163 (2020) SISTEM POIN DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN DAN KEMANDIRIAN SISWA DI ERA GENERASI Z KELAS IV SDN TAMBAKAJI 2 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (SISTEM POIN DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN DAN KEMANDIRIAN SISWA DI ERA GENERASI Z KELAS IV SDN TAMBAKAJI 2 KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Di dalam era revolusi industri 4.0 yang terjadi di Indonesia abad ini, Generasi Z muncul dan membawa tantangan baru. Generasi Z adalah generasi yang lahir dalam interval tahun 1995-2012. Sistem poin biasanya memuat poin pelanggaran saja, namun pada penelitian ini tidak hanya mengkaji poin pelanggaran tetapi juga poin penghargaan atau poin bintang. Beberapa masalah dijumpai peneliti ketika melakukan pra penelitian, yakni masih adanya siswa yang melanggar tata tertib kelas dan ada siswa yang kurang mandiri, contohnya masih suka menyontek teman dan mengadukan masalahnya ke orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran sistem poin untuk meningkatkan karakter disiplin dan kemandirian siswa di era Generasi Z. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Data primer yang digunakan untuk mengolah data penelitian ini adalah hasil wawancara, observasi, dan angket. Selain itu, data sekunder juga diperoleh melalui dokumentasi dokumen-dokumen yang terkait dengan sistem poin, karakter disiplin, daan kemandirian siswa. Jumlah subyek penelitian terdiri dari satu guru kelas dan 38 siswa kelas IV SDN Tambakaji 2 Teknik pengambilan data menggunakan observasi partisipan, wawancara tidak terstruktur, angket, serta dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan sebelum dan sesudah melakukan penelitian di SDN Tambakaji 2. Adapun analisis sebelum penelitian dilakukan dengan melakukan pra research, sedangkan setelah melakukan penelitian analisis data menggunakan model miles and hubberman. Hasil penelitian ini adalah karakter disiplin siswa menjadi baik dengan adanya sistem poin Dengan adanya poin pelanggaran siswa menjadi tertib. Kemandirian siswa juga faktor pendukung sistem poin untuk meningkatkan karakter disiplin dan kemandirian di era Generasi Z adalah melalui sistem poin kesadaran untuk mematuhi tata tertib tumbuh dalam diri siswa karena adanya motivasi untuk tidak diberi hukuman oleh guru. Dalam membentuk kemandirian siswa, sistem poin yang paling berperan adalah poin penghargaan. Dengan adanya penghargaan, siswa termotivasi untuk saling berkompetisi dalam hal positif. Simpulan dari penelitian ini adalah sistem poin mampu meningkatkan karakter disiplin dan kemandirian siswa di era Generasi Z. Sesudah sistem ini diterapkan, karakter disiplin dan kemandirian siswa meningkat secara bertahap. Dengan adanya batas maksimal poin pelanggaran, maka peran sistem poin menjadi lebih efektif dan siswa lebih patuh terhadap tata tertib yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter Disiplin; Kemandirian Siswa, Sistem Poin. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 01:53 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 01:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40432 |
Actions (login required)
View Item |