PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBANTUAN SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA KELAS IV SDN MANYARAN 01 SEMARANG


Neni Firdayanti, 1401416155 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBANTUAN SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA KELAS IV SDN MANYARAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBANTUAN SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA KELAS IV SDN MANYARAN 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBANTUAN SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA KELAS IV SDN MANYARAN 01 SEMARANG) - Published Version
Download (16MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian di SDN Manyaran 01 ditemukan permasalahan berupa keterbatasan media yaitu globe, peta, gambar-gambar dan LCD proyektor, laptop, serta speaker setiap kelas yang hanya digunakan untuk menayangkan materi dalam format buku elektronik sehingga mengakibatkan siswa kurang antusias dan hasil belajar IPS rendah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana desain pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran video animasi berbantuan sparkol videoscribe pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Manyaran 01 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengkaji kelayakan, dan menguji keefektifan media pembelajaran video animasi berbantuan sparkol videoscribe pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Manyaran 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono menggunakan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Manyaran 01 Semarang yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk berupa analisis kelayakan media serta analisis tanggapan guru dan siswa, analisis data awal berupa uji normalitas, dan analisis data akhir berupa uji t dan N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi berbantuan sparkol videoscribe layak digunakan dengan persentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 92,86% (sangat layak), kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 90% (sangat layak), dan kelayakan bahasa oleh ahli bahasa sebesar 87,5% (sangat layak). Video animasi berbantuan sparkol videoscribe efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV berdasarkan uji t mmperoleh sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan signifikan antara hasil data pretest dan posttest dan uji peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,462 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran video animasi berbantuan sparkol videoscribe yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPS materi keragaman budaya di Indonesia. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan pengembangan media pembelajaran video animasi berbantuan sparkol videoscribe pada mata pelajaran lainnya dengan memperbaiki tampilan desain agar lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Video Animasi, IPS, Sparkol Videoscribe
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 23 Oct 2020 01:44
Last Modified: 23 Oct 2020 01:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40430

Actions (login required)

View Item View Item