PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DABIN 10 KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES


Yanuarisma Fitria, 1401416145 (2020) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DABIN 10 KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DABIN 10 KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES]
Preview
PDF (PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DABIN 10 KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES) - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan indikator dalam menentukan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Beberapa faktor yang memengaruhi hasil belajar diantaranya kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar. Guru yang memiliki kompetensi pedagogik yang baik akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Adapun ketersediaan fasilitas belajar yang memadai akan berpengaruh pula terhadap hasil belajar. Fakta empiris menunjukkan bahwa hasil belajar siswa belum sepenuhnya optimal. Terdapat beberapa indikator dalam kompetensi pedagogik yang belum dikuasai oleh guru dan ketersediaan fasilitas belajar di sekolah yang kurang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Dabin 10 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Dabin 10 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes yang berjumlah 296 siswa dengan sampel 171 siswa. Metode analisis data dalam penelitian ini meliputi uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas, serta analisis akhir yang terdiri dari uji korelasi sederhana, uji regresi sederhana, uji korelasi ganda, uji regresi ganda, koefisien determinan, dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar dengan thitung > ttabel (10,784 > 1,974) dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,408; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap hasil belajar dengan thitung > ttabel (12,124 > 1,974) dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,465; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar dengan Fhitung > Ftabel (110,590 > 3,050) dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,568. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Dabin 10 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Disarankan pada pihak sekolah dan guru hendaknya dapat mengoptimalkan kompetensi pedagogik serta meningkatkan fasilitas belajar di sekolah yang memadai, karena terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Belajar; Hasil Belajar; Kompetensi Pedagogik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 23 Oct 2020 01:42
Last Modified: 23 Oct 2020 01:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40429

Actions (login required)

View Item View Item