KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR SUBTEMA PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN KELAS VSD NEGERI 2 DAMARGUNA KABUPATEN CIREBON Subtema Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan kelas V SD Negeri 2 Damarguna Kabupaten Cirebon


Rafani Firdiyanti, 1401416111 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR SUBTEMA PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN KELAS VSD NEGERI 2 DAMARGUNA KABUPATEN CIREBON Subtema Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan kelas V SD Negeri 2 Damarguna Kabupaten Cirebon. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR SUBTEMA PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN KELAS VSD NEGERI 2 DAMARGUNA KABUPATEN CIREBON]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR SUBTEMA PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN KELAS VSD NEGERI 2 DAMARGUNA KABUPATEN CIREBON) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menggunakan pembelajaran tematik. Salah satu faktor kurang maksimalnya proses pembelajaran tematik yaitu guru kurang inovatif dalam merencanakan proses pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa menjadi pasif dan bosan dalam pembelajaran. Inovasi dalam pembelajaran tematik salah satunya penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division atau disingkat menjadi STAD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan model yang efektif ditinjau dari minat dan hasil belajar Subtema Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan pada kelas V. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Damarguna Tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 78 siswa, masing-masing kelas berjumlah 39 siswa di kelas eksperimen dan 39 siswa di kelas kontrol.Teknik pengumpulan data penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan independent sample t-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis data minat belajar menggunakan independent samples t test, menunjukkanthitung> ttabel (6,797 > 1,992), sehingga H01 ditolak. Data hasil belajar menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4.700 > 1,992), sehingga H01 ditolak. Berdasarkan hasil uji hipotesis kedua tentang uji lebih baik minat belajar menggunakan rumus empiris menunjukkan bahwa kelas eksperimen > kelas kontrol (13,26 >1,97). Sedangkan data hasil belajar menunjukkan bahwa kelas eksperimen > kelas kontrol (17,79 – 7,25). Berdasarkan uji hipotesis ketiga tentang keefektifan minat belajar menggunakan uji One Sample t-test, menunjukkan bahwa thitung > ttabel(10.741> 2,024), sehingga H0 ditolak. Sedangkan datahasil belajar siswamenunjukkan bahwa thitung > ttabel(5.897 > 2,024), sehingga H0 ditolak.Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan minat dan hasil belajar antara kelas yang menggunakan model Group Investigation dan konvensional. Serta Model STAD efektif ditinjau dari minat dan hasil belajar tematik pada

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Minat belajar, Student Teams Achievment Division, STAD.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 23 Oct 2020 01:36
Last Modified: 23 Oct 2020 01:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40426

Actions (login required)

View Item View Item