PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN TATA BUSANA KELAS X MAN 2 BANJARNEGARA


Siti Nurdiyati, 5401413001 (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN TATA BUSANA KELAS X MAN 2 BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN TATA BUSANA KELAS X MAN 2 BANJARNEGARA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN TATA BUSANA KELAS X MAN 2 BANJARNEGARA) - Published Version
Download (855kB) | Preview

Abstract

Kewajiban guru adalah melaksanakan kegiatan evaluasi untuk mengetahui tingkat ketercapaian siswa dalam menerima materi yang telah diajarkan. Ulangan akhir semester merupakan salah satu kegiatan evaluasi yang dilaksanakan MAN 2 Banjarnegara untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa pada ranah kognitif. Kegiatan ini menggunakan instrumen tes bentuk pilihan ganda dengan lima alternatif jawaban yaitu a, b, c, d, dan e. Penyusunan soal pilihan ganda pada Mata Pelajaran Tata Busana di MAN 2 Banjarnegara selama ini belum dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang baik sehingga belum diketahui kualitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan instrumen tes kognitif yang berkualitas pada Mata Pelajaran Tata Busana di MAN 2 Banjarnegara dan untuk mengetahui bagaimana hasil analisis kualitasnya. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode R&D Sugiyono pada tahap pengembangan. Langkah-langkah penelitiannya yaitu membuat desain produk, validasi desain produk oleh ahli, revisi desain produk, melaksanakan uji coba kelompok kecil dan revisi produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif persentase. Analisis pada data hasil validasi ahli menunjukkan bahwa instrumen tes dinyatakan sangat layak dengan persentase penilaian 88,61%. Hasil uji coba pada kelompok kecil belum menunjukkan semua butir soal memenuhi kriteria soal yang berkualitas yaitu valid, reliabel, tingkat kesukaran yang proporsional, daya pembeda yang baik, dan distraktor yang berfungsi. Penilaian ahli dan hasil uji coba pada ini telah menghasilkan instrumen tes yang cukup berkualitas. Agar diperoleh butir soal yang benar-benar berkualitas secara kuantitatif perlu dilakukan beberapa kali uji coba terhadap beberapa kelompok yang setara dengan peserta tes.Penelitian ini dapat dilanjutkan untuk mengetahui kualitas instrumen tes pada uji kelompok besar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas tes, soal pilihan ganda, Tata Busana
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Oct 2020 00:45
Last Modified: 23 Oct 2020 00:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40421

Actions (login required)

View Item View Item