PERMAINAN BAHASA DALAM WACANA DAKWAH K.H. ANWAR ZAHID


Naf’idatul Fajriyana, 2111413017 (2020) PERMAINAN BAHASA DALAM WACANA DAKWAH K.H. ANWAR ZAHID. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERMAINAN BAHASA DALAM WACANA DAKWAH K.H. ANWAR ZAHID]
Preview
PDF (PERMAINAN BAHASA DALAM WACANA DAKWAH K.H. ANWAR ZAHID) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permainan bahasa adalah bentuk bahasa tuturan yang mengandung berbagai penyimpangan fonologi, gramatikal, kekacauan hubungan bentuk dan makna dan bermacam-macam pelanggaran yang bersifat pragmatis yang dimaksudkan untuk mencapai bermacam-macam tujuan lain yang sering kali tidak mudah diidentifikasi. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk permainan bahasa dalam wacana dakwah K.H. Anwar Zahid, (2) mendeskripsikan fungsi permainan bahasa dalam wacana dakwah K.H. Anwar Zahid. Penelitian ini menggunakan pendekatan teoretis dan metodologis, pendekatan teoretis yang digunakan adalah pendekatan sosiolinguistik. Pendekatan metodologis yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa tuturan. Tuturan yang digunakan oleh penelitian ini yaitu tuturan dari dakwah K.H. Anwar Zahid yang diduga mengandung permainan bahasa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak. Sumber data video diambil dari youtube yang terdiri atas dua ceramah, yaitu ceramah pertama terbagi menjadi tujuh video dan ceramah yang kedua terbagi menjadi tujuh video. Teknik dasar yang digunakan dalam metode simak ini adalah teknik sadap, kemudian teknik lanjutannya adalah teknik simak bebas libat cakap (SBLC). Teknik terakhir dalam pengambilan data adalah teknik catat. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi metode padan. Peneliti menggunakan metode padan artikulatoris. teknik yang digunakan yaitu teknik Pilah Unsur Penentu (PUP). Pada penelitian ini Peneliti memaparkan hasil analisis data dengan metode penyajian hasil analisis data informal. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa kesimpulan, yaitu (1) Aspek-aspek kebahasaan yang dimanfaatkan sebagai bentuk permainan bahasa dalam wacana dakwah K.H. Anwar Zahid ini terdapat tiga bentuk permainan bahasa, yaitu fonologi, morfologi, dan semantik. Berdasarkan klasifikasinya fonologi ditemukan dua macam, , penambahan bunyi dan kemiripan bunyi. Morfologi ditemukan empat macam, yaitu akronim, singkatan, kata ulang, dan nama. Semantik ditemukan satu macam, yaitu metonimi. (2) Fungsi permainan bahasa yang terdapat dalam wacana dakwah K.H. Anwar Zahid terdapat enam fungsi permainan bahasa, yaitu : fungsi komunikatif, fungsi humor fungsi kritik, fungsi kreatif, fungsi eufimisme, dan fungsi estetis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti mengharapkan para peneliti di bidang linguistik melakukan penelitian serupa, baik dengan objek yang sama yaitu wacana dakwah K.H. Anwar Zahid maupun berbeda, untuk memperkaya ilmu, wawasan, dan rujukan dalam sosiolinguistik. Selain itu peneliti juga berharap ada penelitian lebih mendalam pada kajian sosiolinguistik khususnya permainan bahasa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Permainan Bahasa, Wacana, Dakwah Agama Islam.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Oct 2020 05:01
Last Modified: 22 Oct 2020 05:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40397

Actions (login required)

View Item View Item