PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA FANTASI BERMUATAN NILAI KARAKTER BAGI PESERTA DIDIK SMP/MTS KELAS VII


Rahmatika Rizqi Utami, 2101415084 (2020) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA FANTASI BERMUATAN NILAI KARAKTER BAGI PESERTA DIDIK SMP/MTS KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA FANTASI BERMUATAN NILAI KARAKTER BAGI PESERTA DIDIK SMP/MTS KELAS VII]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA FANTASI BERMUATAN NILAI KARAKTER BAGI PESERTA DIDIK SMP/MTS KELAS VII) - Published Version
Download (15MB) | Preview

Abstract

Cerita fantasi merupakan salah satu materi sastra yang ada pada jenjang kelas VII SMP/MTs. Terdapat empat kompetensi dasar yang berkaitan dengan materi tersebut. Kompetensi tersebut berupa mengidentifikasi unsur-unsur, menceritakan kembali, menelaah struktur, dan menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita imajinasi (cerita fantasi). Pada pelaksanaan pembelajaran, peserta didik mengalami kendala berupa sulit membedakan dengan fabel dan legenda, belum dapat menalar materi dari berbagai sumber, dan belum dapat menceritakan kembali secara terstruktur. Akan tetapi, sumber belajar utama berupa buku teks belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan tersebut. Secara umum, materi puisi rakyat dan fabel menjadi materi yang paling dominan. Jika dikaitkan dengan kondisi buku teks Bahasa Indonesia kelas VII edisi revisi 2016, maka pada bagian cerita fantasi masih memerlukan pendalaman materi. Terlebih pada kompetensi menceritakan kembali isi cerita fantasi. Buku tersebut belum dapat mempermudah peserta didik untuk mencapai kompetensi dasar tersebut. Belum ada langkah-langkah yang menjelaskan untuk dapat menceritakan kembali isi cerita fantasi secara tulis dan lisan. Oleh sebab itu, diperlukan sumber belajar lain yang dapat menunjang pembelajaran menceritakan kembali isi cerita fantasi bentuknya berupa buku pengayaan. Terlebih lagi belum ada buku pengayaan menceritakan kembali isi cerita fantasi yang bermuatan nilai karakter yang dapat memberikan manfaat lebih selain memberikan wawasan dan informasi. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah penelitian ini antara lain (1) bagaimana analisis kebutuhan guru dan peserta didik terhadap buku pengayaan menceritakan kembali isi cerita fantasi bermuatan nilai karakter?, (2) bagaimana prinsip pengembangan buku pengayaan menceritakan kembali isi cerita fantasi bermuatan nilai karakter?, (3) bagaimana prototipe buku pengayaan menceritakan kembali isi cerita fantasi bermuatan nilai karakter?, (4) bagaimana validasi terhadap buku pengayaan menceritakan kembali isi cerita fantasi bermuatan nilai karakter?, dan (5) bagaimana hasil perbaikan terhadap buku pengayaan menceritakan kembali isi cerita fantasi bermuatan nilai karakter? Tujuan penelitian ini yaitu (1) menguraikan hasil analisis kebutuhan guru dan peserta didik terhadap buku pengayaan menceritakan kembali isi cerita fantasi, (2) menyusun prinsip pengembangan buku pengayaan menceritakan kembali isi cerita fantasi, (3) menggambarkan bentuk prototipe buku pengayaan menceritakan kembali isi cerita fantasi bermuatan nilai karakter, (4) mendeskripsikan hasil ix validasi terhadap buku pengayaan menceritakan kembali isi cerita fantasi bermuatan nilai karakter, dan (5) mendeskripsikan hasil perbaikan terhadap buku pengayaan menceritakan kembali isi cerita fantasi bermuatan nilai karakter. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian Research and Development (penelitian dan pengembangan) dari Borg dan Gall (dalam Sugiyono, 2015) dengan tahap: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain protipe, (4) validasi protipe, (5) revisi protipe. Penelitian hanya dilakukan sampai tahap ke lima dari sepuluh tahap karena sudah bisa mewakili kebutuhan penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket kebutuhan terhadap buku pengayaan menceritakan kembali isi cerita fantasi bermuatan nilai karakter dan angket uji validasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif melalui pemaparan data dan verifikasi atau simpulan data. Hasil penelitian ini meliputi (1) guru dan peserta didik membutuhkan buku pengayaan menceritakan kembali yang menyajikan materi yang lengkap, contoh menceritakan kembali, memiliki muatan nilai karakter, dan disajikan dengan bahasa yang komunikatif, (2) prinsip pengembangan buku pengayaan menceritakan kembali isi cerita fantasi bermuatan nilai karakter memiliki empat aspek yakni aspek materi, aspek struktur penyajian, aspek kebahasaan, dan aspek grafika, (3) prototipe buku pengayaan ini terdiri atas tiga bagian yakni bagian awal, bagian isi, dan bagian akhir, (4) penilaian terhadap buku memperoleh rata-rata 3,1 dengan kategori sangat baik, (5) perbaikan prototipe dilakukan pada aspek mataeri, aspek muatan nilai karakter, dan aspek kebahasaan. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyampaikan beberapa saran kepada beberapa pihak. Diharapkan guru dan peserta didik dapat memanfaatkan buku pengayaan menceritakan kembali isi cerita fantasi bermuatan nilai karakter sebagai sumber belajar yang dapat memberikan informasi dan bahan latihan menceritakan kembali isi cerita fantasi. Bagi peneliti lain, diharapkan dapat melakukan penelitian lanjutan berkaitan dengan pengembangan buku pengayaan menceritakan kembali isi cerita fantasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, menceritakan kembali isi cerita fantasi, muatan nilai karakter.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Oct 2020 04:58
Last Modified: 22 Oct 2020 04:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40396

Actions (login required)

View Item View Item