PENERAPANGERAKANLITERASISEKOLAH DISMPNEGERI4SEMARANG


AoutioRioFahrizal, 2101414104 (2020) PENERAPANGERAKANLITERASISEKOLAH DISMPNEGERI4SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPANGERAKANLITERASISEKOLAH DISMPNEGERI4SEMARANG]
Preview
PDF (PENERAPANGERAKANLITERASISEKOLAH DISMPNEGERI4SEMARANG) - Published Version
Download (15MB) | Preview

Abstract

Pendidikantidakterlepasdaribudayaliterasi,dalam konteksini budayaliterasiitusendiriyaitugerakanliterasisekolahyangmenjadi program pemerintah.Cakupanpemahamanyangmemberisesuatuhal dengankecerdasanmelaluiupayakeseluruhanelemendariwargasekolah. Haltersebutmenjadikan wargasekolah semuaterlibatdalam proses pembelajaranliteratsepanjanghayatmelaluiketerlibatanmasyarakat. Permasalahan penelitian yang dirumuskan,yaitu (1)bagaimana implementasidarihasilGerakanliterasiSekolahyangditerapkandalam prosespembelajaranbahasaIndonesiadiSMPNegeri4Semarang,(2) ix apa saja faktorpendukung dan hambatan darihasilGerakan literasi Sekolahdalam pembelajaranbahasaIndonesiadiSMPNegeri4Semarang. Sementaraitupenelitianinibertujuan,(1)mengidentifikasiimplementasi dariGerakanliterasiSekolahdalam penerapanprosesbelajardiSMP Negeri 4 Semarang, (2) mengetahui apa saja hambatan yang memengaruhidariGerakan LiterasiSekolah dalam penerapan proses belajardiSMPNegeri4Semarang. Penelitianinimenggunakandesainpenelitiankualitatifdenganjenis studikasus.Subjek penelitian iniadalah peserta didik dan pendidik. Pengumpulandatamenggunakanangketkebutuhan,observasisekolah, dan wawancara untukmemperoleh data.Analisisdata menggunakan deskripsikualitatif. Hasilpenelitian yang diperoleh,yaitu (1)hasilpenerapan dari kegiatangerakanliterasisekolahpadatahappembiasaanyaitu15menit membacabukunon-pelajaran,tahappengembanganyaitumeningkatkan kemampuam membacadenganmenganalisisbukuyangsudahdibaca, dan tahap pembelajaran yaitu dilanjutkan dengan menganalisis serta pemberiantagihanakademik,(2)faktorpendukungberupaperanaktifdari warga sekolah menjadipelaksana dan antusiasyang tinggiterhadap literasi,lingkungannsekolahyangkondusif,danperanmahasiswaPPL membantujalannyakegiatan.Faktorpenghambatpendidikmasihkurang sesuaidenganSOPkebijakandankegiatanliterasiyangharusdilakukan, buku-bukuyangmasihkurangterhadapjalannyaprosesliterasi,danbelum adanyapustakawandiperpustakaan.Solusiterhadapkegiatanliterasiini perlu adanya pengembangan kegiatan agartidak monoton,adanya perekrutanpustakawan,danbelum adanyaevaluasiterhadapberbagai kegiatanyangdilaksanakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: GerakanLiterasi,KegiatanLiterasi,Sekolah
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Oct 2020 04:32
Last Modified: 22 Oct 2020 04:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40394

Actions (login required)

View Item View Item