PENERAPANGERAKANLITERASISEKOLAH DISMPNEGERI4SEMARANG
AoutioRioFahrizal, 2101414104 (2020) PENERAPANGERAKANLITERASISEKOLAH DISMPNEGERI4SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENERAPANGERAKANLITERASISEKOLAH DISMPNEGERI4SEMARANG)
- Published Version
Download (15MB) | Preview |
Abstract
Pendidikantidakterlepasdaribudayaliterasi,dalam konteksini budayaliterasiitusendiriyaitugerakanliterasisekolahyangmenjadi program pemerintah.Cakupanpemahamanyangmemberisesuatuhal dengankecerdasanmelaluiupayakeseluruhanelemendariwargasekolah. Haltersebutmenjadikan wargasekolah semuaterlibatdalam proses pembelajaranliteratsepanjanghayatmelaluiketerlibatanmasyarakat. Permasalahan penelitian yang dirumuskan,yaitu (1)bagaimana implementasidarihasilGerakanliterasiSekolahyangditerapkandalam prosespembelajaranbahasaIndonesiadiSMPNegeri4Semarang,(2) ix apa saja faktorpendukung dan hambatan darihasilGerakan literasi Sekolahdalam pembelajaranbahasaIndonesiadiSMPNegeri4Semarang. Sementaraitupenelitianinibertujuan,(1)mengidentifikasiimplementasi dariGerakanliterasiSekolahdalam penerapanprosesbelajardiSMP Negeri 4 Semarang, (2) mengetahui apa saja hambatan yang memengaruhidariGerakan LiterasiSekolah dalam penerapan proses belajardiSMPNegeri4Semarang. Penelitianinimenggunakandesainpenelitiankualitatifdenganjenis studikasus.Subjek penelitian iniadalah peserta didik dan pendidik. Pengumpulandatamenggunakanangketkebutuhan,observasisekolah, dan wawancara untukmemperoleh data.Analisisdata menggunakan deskripsikualitatif. Hasilpenelitian yang diperoleh,yaitu (1)hasilpenerapan dari kegiatangerakanliterasisekolahpadatahappembiasaanyaitu15menit membacabukunon-pelajaran,tahappengembanganyaitumeningkatkan kemampuam membacadenganmenganalisisbukuyangsudahdibaca, dan tahap pembelajaran yaitu dilanjutkan dengan menganalisis serta pemberiantagihanakademik,(2)faktorpendukungberupaperanaktifdari warga sekolah menjadipelaksana dan antusiasyang tinggiterhadap literasi,lingkungannsekolahyangkondusif,danperanmahasiswaPPL membantujalannyakegiatan.Faktorpenghambatpendidikmasihkurang sesuaidenganSOPkebijakandankegiatanliterasiyangharusdilakukan, buku-bukuyangmasihkurangterhadapjalannyaprosesliterasi,danbelum adanyapustakawandiperpustakaan.Solusiterhadapkegiatanliterasiini perlu adanya pengembangan kegiatan agartidak monoton,adanya perekrutanpustakawan,danbelum adanyaevaluasiterhadapberbagai kegiatanyangdilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | GerakanLiterasi,KegiatanLiterasi,Sekolah |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 04:32 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 04:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40394 |
Actions (login required)
View Item |