PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS PROSEDUR TENTANG PENGAMALAN IBADAH AGAMA ISLAM SEHARI-HARI UNTUK KELAS VII MTS
Awaluddin Akmal, 2101414065 (2020) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS PROSEDUR TENTANG PENGAMALAN IBADAH AGAMA ISLAM SEHARI-HARI UNTUK KELAS VII MTS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS PROSEDUR TENTANG PENGAMALAN IBADAH AGAMA ISLAM SEHARI-HARI UNTUK KELAS VII MTS)
- Published Version
Download (8MB) | Preview |
Abstract
Keberadaan buku pengayaan menulis teks prosedur tentang pengamalan ibadah agama Islam dibutuhkan. Hal tersebut dapat dilihat dari (1) belum adanya materi kontekstual sesuai peserta didik di madrasah, (2) kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi karena contoh yang disajikan kurang variatif, dan (3) sedikitnya buku pendamping tersedia yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat perkembangan peserta didik. Berdasarkan beberapa permasalahan tersebut, dibutuhkan buku pengayaan sebagai salah satu produk pendidikan yang dapat membantu siswa dalam menulis teks prosedur. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan pengembangan buku pengayaan menulis teks prosedur tentang pengamalan ibadah agama Islam sehari-hari untuk kelas VII MTs, (2) mendeskripsikan karakteristik buku pengayaan menulis teks prosedur tentang pengamalan ibadah agama Islam sehari-hari untuk kelas VII MTs, (3) mendeskripsikan prototipe buku pengayaan menulis teks prosedur tentang pengamalan ibadah agama Islam sehari-hari untuk kelas VII MTs, dan (4) mendeskripsikan hasil penilaian ahli dan perbaikan terhadap prototipe buku pengayaan menulis teks prosedur tentang pengamalan ibadah agama Islam sehari-hari untuk kelas VII MTs. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan dalam lima tahap, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, dan (6) deskripsi hasil penelitian. Data dari penelitian ini terdiri atas dua data, yaitu (1) data berupa skor angket kebutuhan, dan (2) data berupa skor penilaian uji validasi. Sumber data skor angket kebutuhan terhadap buku pengayaan adalah peserta didik dan pendidik bahasa Indonesia. Adapun sumber data skor penilaian uji validasi adalah dua dosen ahli dan dua pendidik bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini berupa (1) hasil analisis kebutuhan terhadap buku pengayaan menulis teks prosedur, baik peserta didik maupun pendidik membutuhkan buku pengayaan tersebut, (2) karakteristik pengembangan buku pengayaan meliputi aspek materi/isi, aspek penyajian materi, aspek bahasa dan keterbacaan, aspek grafika, dan aspek pengamalan ibadah agama Islam sebagai pedoman pengembangan buku pengayaan, (3) prototipe buku pengayaan menulis teks prosedur tentang pengamalan ibadah agama Islam yang sesuai dengan karakteristik dan pedoman pengembangan buku pengayaan, dan (4) hasil penilaian uji validasi memperoleh nilai rata-rata 87,14 atau kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku pengayaan, menulis, teks prosedur, ibadah, Islam. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 04:25 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 04:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40393 |
Actions (login required)
View Item |