KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA HASIL BELAJAR MUPEL IPA KELAS IV SD GUGUS WAHIDIN GRABAG MAGELANG


Anggi Herfia, 1401416088 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA HASIL BELAJAR MUPEL IPA KELAS IV SD GUGUS WAHIDIN GRABAG MAGELANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA HASIL BELAJAR MUPEL IPA KELAS IV SD GUGUS WAHIDIN GRABAG MAGELANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA HASIL BELAJAR MUPEL IPA KELAS IV SD GUGUS WAHIDIN GRABAG MAGELANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan kondisi awal pembelajaran di SD Gugus Wahidin Grabag Magelang, yaitu hasil belajar muatan pelajaran IPA yang masih rendah, motivasi belajar siswa rendah, serta penggunaan model dan media pembelajaran yang belum bervariatif berakibat kepada kurang optimalnya nilai hasil belajar siswa. Penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis karena adanya suatu permasalahan yang harus diselesaikan siswa, dibantu dengan media audiovisual yang dapat menarik perhatian dan motivasi siswa dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah keefektifan model Problem Based Learning berbantuan media audiovisual dibandingkan dengan model Think Pair Share berbantuan media gambar pada hasil belajar mupel IPA SD Gugus Wahidin Grabag Magelang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model Problem Based Learning berbantuan media audiovisual pada hasil belajar muatan pelajaran IPA SD Gugus Wahidin Grabag Magelang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Ketawang 2 yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV A SDN Banaran yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian dikumpulkan untuk kemudian dihitung dan dianalisis dengan menggunakan program bantuan SPSS 24. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa kelas IV pada mupel IPA setelah melaksanakan kegiatan belajar dengan menggunakan Problem Based Learning berbantuan media audiovisual. Hasil uji t berdasarkan =5% diketahui bahwa hasil penghitungan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan kurang dari 0,05. Disimpulkan, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audiovisual efektif dibandingkan dengan model Think Pair Share berbantuan media gambar pada hasil belajar muatan pelajaran IPA siswa kelas IV SD Gugus Wahidin Grabag. Saran yang diberikan yaitu diharapkan model Problem Based Learning dan media audiovisual mampu dijadikan alternatif untuk pendidik supaya dapat diterapkan dalam pembelajaran pada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, media audiovisual, hasil belajar, muatan pelajaran IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 22 Oct 2020 04:21
Last Modified: 22 Oct 2020 04:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40391

Actions (login required)

View Item View Item