KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MI NURUL HUDA 02 KETUREN KOTA TEGA


Puji Mukharomah, 1401416110 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MI NURUL HUDA 02 KETUREN KOTA TEGA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MI NURUL HUDA 02 KETUREN KOTA TEGA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MI NURUL HUDA 02 KETUREN KOTA TEGA) - Published Version
Download (12MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menggunakan pembelajaran tematik. Salah satu faktor kurang maksimalnya proses pembelajaran tematik yaitu guru kurang inovatif dalam merencanakan proses pembelajaran sehingga mengakibatkan peserta didik menjadi pasif dan bosan dalam pembelajaran. Inovasi dalam pembelajaran tematik salah satunya penerapan model pembelajaran group investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model group investigation ditinjau dari minat dan hasil belajar pada Tema 7 subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku kelas IV MI Nurul Huda 02 Keturen Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental dalam bentuk nonequivalent control group. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV MI Nurul Huda 02 Keturen Kota Tegal 2019/2020 sejumlah 50 peserta didik yang masing-masing berjumlah 25 peserta didik di kelas eksperimen dan kontrol. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Analisis statistik yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas dan homogenitas, serta analisis akhir berupa pengujian hipotesis yaitu uji perbedaan menggunakan independent samples t test dan uji keefektifan menggunakan one sample t test. Berdasarkan hasil uji hipotesis data minat belajar menggunakan independent samples t test, menunjukkan thitung > ttabel (3,794> 2,310) dan signifikansi ≤ 0,05 (0,000 ˂ 0,05) sehingga H01 ditolak. Data hasil belajar menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,423 > 2,310), dan signifikansi < 0,05 (0,001 ˂ 0,05) sehingga H01 ditolak. Berdasarkan uji hipotesis ke 3 tentang keefektifan minat belajar menggunakan uji One Sample t-test, menunjukkan thitung > ttabel (2,581 > 2,390) dengan signifikansi 0,016. Sedangkan data hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (2,494 > 2,390) dan signifikansi 0,020. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan minat dan hasil belajar antara kelas yang menggunakan model Group Investigation dan konvensional. Serta Model Group Investigation efektif ditinjau dari minat dan hasil belajar tematik pada Tema 7 subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku kelas IV MI Nurul Huda 02 Keturen Kota Tegal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, minat, model group investigation
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 22 Oct 2020 04:23
Last Modified: 22 Oct 2020 04:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40390

Actions (login required)

View Item View Item