PENERAPAN MEDIA HOLOGRAM 3D SMARTPHONE DAN MEDIA GAMBAR UNTUK PENINGKATAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB-TK ISLAM AL AZHAR 22 SEMARANG


Novita Sari, 1601415101 (2020) PENERAPAN MEDIA HOLOGRAM 3D SMARTPHONE DAN MEDIA GAMBAR UNTUK PENINGKATAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB-TK ISLAM AL AZHAR 22 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MEDIA HOLOGRAM 3D SMARTPHONE DAN MEDIA GAMBAR UNTUK PENINGKATAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB-TK ISLAM AL AZHAR 22 SEMARANG]
Preview
PDF (PENERAPAN MEDIA HOLOGRAM 3D SMARTPHONE DAN MEDIA GAMBAR UNTUK PENINGKATAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB-TK ISLAM AL AZHAR 22 SEMARANG) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan perbedaan peningkatan kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun berdasarkan pada penerapan media hologram 3D smartphone dan media gambar. Penelitian dilakukan di KB-TK Islam Al Azhar 22 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain Quasi eksperimen jenis Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik di KB-TK Islam Al Azhar 22 Semarang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 anak yang terdiri 30 anak dengan media hologram 3D smartphone dan 30 anak dengan media gambar. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dengan menggunakan skala kecerdasan visual spasial yang telah diuji oleh Profesional Judgement. Teknik analisis data yang digunakan adalah Paired Sample t Test dan Teknik Presentase. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan peningkatan kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun berdasarkan pada penerapan media hologram 3D smartphone. Perbedaan kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun berdasarkan pada penerapan media hologram 3D smartphone dengan hasil uji Paired Sample t Test diperoleh thitung sebesar -28,678 dengan sig.(2 tailed) sebesar 0,000 dengan peningkatan sebesar 26,58%, dan perbedaan kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun berdasarkan pada penerapan media gambar dengan hasil uji Paired Sample t Test diperoleh thitung sebesar -23,174 dengan sig.(2 tailed) sebesar 0,000 dengan peningkatan sebesar 16,78%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Visual Spasial, Hologram 3D Smartphone, Media Gambar, Anak Usia 5-6 Tahun.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Oct 2020 04:22
Last Modified: 22 Oct 2020 04:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40388

Actions (login required)

View Item View Item