PENERAPAN AKU DAN KAMU SEBAGAI PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN (Studi Pada TK Labschool Unnes Semarang)


Dwi Arum Kusuma, 1601415089 (2020) PENERAPAN AKU DAN KAMU SEBAGAI PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN (Studi Pada TK Labschool Unnes Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN AKU DAN KAMU SEBAGAI PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN (Studi Pada TK Labschool Unnes Semarang)]
Preview
PDF (PENERAPAN AKU DAN KAMU SEBAGAI PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN (Studi Pada TK Labschool Unnes Semarang)) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencegahan kekerasan seksual pada anak usia 5-6 tahun di TK LabSchool Unnes melalui program AKU DAN KAMU. Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan program yang dilaksanakan di TK LabSchool Unnes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif desain studi kasus dengan menggunakan teknik analisis data berdasarakan Teori Miles dan Huberman. Pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, dokumen. Informan penelitian adalah Guru pengampu program AKU DAN KAMU, PKBI Jawa Tengah, dan orang tua siswa TK Labschool Unnes. Hasil analisis data tentang penerapan aku dan kamu sebagai pencegahan kekerasan seksual pada anak usia 5-6 tahun di TK LabSchool Unnes Semarang, terdapat 12 sub tema, peneliti berfokus pada tema Aku dan tubuhku, tema Ketika Aku Bayi. Penerapan AKU DAN KAMU sebagai pencegahan kekerasan seksual pada ana usia dini 5-6 tahun dalam tema Aku dan tubuhku berjalan efektif sebagai pencegahan kekerasan seksual pada anak usia dini, anak mampu mengenali bagian tubuh, cara menjaga kebersihan alat reproduksi dan bagian-bagian tubuh yang harus dilindungi tidak boleh disentuh oleh orang asing. Dalam Tema ketika Kita Bayi anak memahami bagian tubuh tumbuh dan berkembang sejak dalam kandungan. Faktor pendukung dalam pelaksanaan orang tua, guru, kepala sekolah serta staf lembaga mendukung pelaksanaan program, sedangkan faktor penghambat terdapat beberapa orang tua tidak konsisten antara pembiasaan di sekolah dan di rumah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Program AKU DAN KAMU, Pencegahan Kekerasan Sekksual, Anak Usia Dini.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Oct 2020 04:13
Last Modified: 22 Oct 2020 04:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40386

Actions (login required)

View Item View Item