PENGARUH BUDAYA SEKOLAH DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS V SD DABIN 1 KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL


Widatul Khusnah, 1401416017 (2020) PENGARUH BUDAYA SEKOLAH DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS V SD DABIN 1 KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH BUDAYA SEKOLAH DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS V SD DABIN 1 KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH BUDAYA SEKOLAH DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS V SD DABIN 1 KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Karakter siswa merupakan ciri khas moral yang dimiliki oleh setiap orang yang tercermin dari kepribadian dan tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari. Pembentukan karakter siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor eksternal yang memengaruhi pembentukan karakter siswa antara lain lingkungan sekolah dan keteladanan dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya sekolah dan kompetensi kepribadian guru terhadap karakter siswa kelas V SD Dabin 1 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Dabin 1 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal yang berjumlah 316 siswa. Sampel penelitian sebanyak 177 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Uji prasyarat yang digunakan meliputi uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinan, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara budaya sekolah terhadap karakter siswa dengan sumbangan pengaruh sebesar 16,4% yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (5,863 > 1,9736) dan signifikansi kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05) dan nilai koefisien determinan 0,164; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi kepribadian guru terhadap karakter siswa dengan sumbangan pengaruh sebesar 41,8% yang ditunjukkan dengan nilai thitung> ttabel (5,224 > 1,9736) dan signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dan nilai koefisien determinan 0,418; dan (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara budaya sekolah dan kompetensi kepribadian guru terhadap karakter siswa dengan sumbangan pengaruh sebesar 43,8% yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (67,812 > 3,04791) dan nilai koefiesin determinan 0,438. Jadi, dapat disimpulkan bahwa: budaya sekolah dan kompetensi kepribadian guru berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap karakter siswa kelas V SD Dabin 1 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Berdasarkan hasil penelitian, maka semua pihak sekolah baik kepala sekolah maupun guru hendaknya memerhatikan dan meningkatkan budaya sekolah dengan cara menjalankan perannya masing-masing dalam pelaksaaan budaya sekolah. Guru juga lebih meningkatkan kompetensi kepribadiannya, sehingga dapat membentuk karakter siswa yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Budaya Sekolah, Kompetensi Kepribadian Guru, Karakter Siswa.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 22 Oct 2020 04:03
Last Modified: 22 Oct 2020 04:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40378

Actions (login required)

View Item View Item