PENGUASAAN GURU TENTANG MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DITINJAU DARI PROSES PEMBELAJARAN SENTRA (BCCT) DI WILAYAH GUNUNGPATI


Nur Simaria, 1601414042 (2020) PENGUASAAN GURU TENTANG MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DITINJAU DARI PROSES PEMBELAJARAN SENTRA (BCCT) DI WILAYAH GUNUNGPATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGUASAAN GURU TENTANG MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DITINJAU DARI PROSES PEMBELAJARAN SENTRA (BCCT) DI WILAYAH GUNUNGPATI]
Preview
PDF (PENGUASAAN GURU TENTANG MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DITINJAU DARI PROSES PEMBELAJARAN SENTRA (BCCT) DI WILAYAH GUNUNGPATI) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fakta yang terjadi dilapangan bahwa banyak Lembaga PAUD wilayah Gunungpati menerapkan model pembelajaran sentra dengan Metode Pembelajaran Sentra. Berdasarkan hal tersebut perlunya mengetahui Penguasaan Guru tentang Model Pembelajaran Sentra Ditinjau dari Proses Pembelajaran Sentra . Rumusan masalah pada penelitian ini bagaimana Penguasaan Guru tentang Model Pembelajaran Sentra Ditinjau dari Proses Pembelajaran Sentra ? Tujuan yang diharapkan tercapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Penguasaan Guru tentang Model Pembelajaran Sentra Ditinjau dari Proses Pembelajaran Sentra . Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif Survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket ke Lembaga PAUD wilayah Gunungpati. Sampel dipilih menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden 30 guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji hipotesis. Uji normalitas didapatkan hasil 95.11 % diketahui bahwa data berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan paired sample t-test SPSS 16.0 dengan nilai signifikasi adalah 0.00 < 0.05 maka H (a) dan H (b) diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan. Uji peningkatan didapatkan hasil terdapat peningkatan sebesar 50,87%. Hal tersebut berarti bahwa menguasai model pembelajran sentra yang di terapkan disuatu Lembaga PAUD dengan hasil sebesar 95,11%. Hal ini berbanding terbalik dengan penerapan model pembelajaran sentra di PAUD yaitu didapaat hasil sebesar 50,87%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Guru, Model Pembelajaran Sentra (BCCT), Proses pembelajaran sentra, Anak Usia Dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Oct 2020 04:03
Last Modified: 22 Oct 2020 04:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40377

Actions (login required)

View Item View Item