KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MUPEL IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN TAMBAKROMO KABUPATEN PATI


Alam Haryono, 1401415284 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MUPEL IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN TAMBAKROMO KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MUPEL IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN TAMBAKROMO KABUPATEN PATI]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MUPEL IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN TAMBAKROMO KABUPATEN PATI) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan penelitian awal kelas IV di SD Gugus Diponegoro Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati , menunjukkan pembelajarannya belum bervariasi, masih berpusat pada guru sehingga memiliki ketuntasan klasikal <50%. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media audiovisual efektif terhadap hasil belajar mupel IPS pada peserta didik Kelas IV SD Gugus Diponegoro Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati. Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, peneliti menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dengan berbantuan media audiovisual. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi-Experimental Research dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini terdiri dari 58 siswa. Penelitian ini adalah penelitian populasi. Sampel diambil dari subjek populasi terdiri 30 siswa kelas IVB SDN Sitirejo (kelompok kontrol) dan 28 siswa kelas IVA SDN Sitirejo (kelompok eksperimen). Hasil penelitian menunjukkan mean posttest kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan kelompok kontrol yaitu mean posttest kelompok eksperimen 76,8 dan kelompok kontrol sebesar 72,4. Hal ini menunjukkan gain <g> kelompok eksperimen sebesar 0,3704 (sedang) sedangkan kelompok kontrol sebesar 0,2125 (rendah). Hasil uji t menunjukkan nilai t (2,747) > t (2,028) berarti bahwa model Quantum Teaching berpengaruh terhadap hasil belajar IPS dan nilai Sig. (2- tailed) < 0,05 yaitu 0,007. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media audiovisual terbukti efektif terhadap hasil belajar mupel IPS materi Sumber Daya Alam kelas IV SD Gugus Diponegoro Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati. Saran yang dapat disampaikan pada guru, hendaknya memilih metode maupun model yang mengaktifkan siswa sehingga pembelajaran dapat bersifat dua arah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Audiovisual, Hasil Belajar, IPS, Model Quantum Teaching
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 22 Oct 2020 03:07
Last Modified: 22 Oct 2020 03:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40370

Actions (login required)

View Item View Item