PENGEMBANGAN MEDIA BUKU PANDUAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOLASE PADA SISWA KELAS III SDN SEKARAN 02


Siti Nadhiroh, 1401413260 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU PANDUAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOLASE PADA SISWA KELAS III SDN SEKARAN 02. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA BUKU PANDUAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOLASE PADA SISWA KELAS III SDN SEKARAN 02]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA BUKU PANDUAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOLASE PADA SISWA KELAS III SDN SEKARAN 02) - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran khususnya SBK materi kolase. Selama ini guru hanya menggunakan media berupa gambar, sedangkan siswa juga sulit untuk menyerap materi dan mempraktikannya. Dibuktikan dari 18 siswa kelas III, 10 siswa (55,56%) belum mencapai KKM. Peneliti bermaksud meneliti dan mengembangkan buku panduan yang layak juga efektif untuk meningkatkan hasil belajar kolase. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan, mengetahui kelayakan dan keefektifitas penggunaan juga perbedaan hasil belajar kolase pada siswa kelas III SDN Sekaran 02. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Hasil penelitian menunjukkan validasi dari ahli media yaitu 60% (cukup layak). Dari ahli materi 85% (sangat layak). Keefektifan ditunjukkan dengan tanggapan siswa 83,47 % (sangat baik), tanggapan guru 85%(sangat baik). Dan ketuntasan belajar klasikal 60,8%. Simpulan penelitian ini adalah buku panduan kolase yang dikembangkan peneliti layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar kolase di kelas III SDN Sekaran 02.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kolase; buku panduan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 22 Oct 2020 03:04
Last Modified: 22 Oct 2020 03:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40369

Actions (login required)

View Item View Item