PENGARUH RESILIENSI TERHADAP ORIENTASI KARIR SISWA KELAS XII SMA SE-KECAMATAN CANDISARI SEMARANG


Lutfi Sultana Dwi Adiyanto, 1301415053 (2020) PENGARUH RESILIENSI TERHADAP ORIENTASI KARIR SISWA KELAS XII SMA SE-KECAMATAN CANDISARI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH RESILIENSI TERHADAP ORIENTASI KARIR SISWA KELAS XII SMA SE-KECAMATAN CANDISARI SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH RESILIENSI TERHADAP ORIENTASI KARIR SISWA KELAS XII SMA SE-KECAMATAN CANDISARI SEMARANG) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Individu dalam menjalani hidupnya memiliki jalur yang berliku yang terkadang bagus akan tetapi tidak dipungkiri juga bahwa terkadang hidup tidak sejalan dengan yang diharapkan, seperti halnya menjadi korban perundungan, kurangnya biaya hidup, kekecewaan, kurangnya perhatian serta dukungan dari orang tua dan lingkungan terkadang menjadikan individu menjadi pribadi yang lemah an tidak jarang dapat mempengaruhi orientasi karir siswa. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengupas persoalan orientasi karir siswa apakah didasarkan pada kemampuan resiliensi yang dimiliki individu Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran tingkat resiliensi, tingkat orientasi karir dan pengaruh resiliensi terhadap orientasi karir siswa kelas XII SMA Se-Kecamatan Candisari Semarang. Jenis penelitian ini ex post facto. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XII Se kecamatan Candisari sejumlah 146 menggunakan proportioned random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala resiliensi, skala Orientasi Karir. Uji validitas menggunakan rumus product moment, Uji reliabilitas menggunakan alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan: (1) gambaran resiliensi siswa SMA kelas XII mayoritas berada pada kategori tinggi. (2) gambaran orientasi karir siswa SMA kelas XII mayoritas berada pada kategori sedang. Hasil regresi sederhana menunjukkan (1) ada pengaruh positif yang signifikan antara Resiliensi dengan Orientasi Karir siswa SMA Kelas XII Se-Kecamatan Candisari Semarang (β=0,588, p < 0,05 ). Semakin tinggi tingkat resiliensi maka akan semakin meningkatkan Orientasi Karir Siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Resiliensi,Orientasi Karir
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 22 Oct 2020 02:34
Last Modified: 22 Oct 2020 02:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40366

Actions (login required)

View Item View Item