IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEPE STAD PADA HOMESCHOOLING CARNATION DI CIREBON


IRLAN WIDYANA SANTOSA, 1201415025 (2020) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEPE STAD PADA HOMESCHOOLING CARNATION DI CIREBON. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEPE STAD PADA HOMESCHOOLING CARNATION DI CIREBON]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEPE STAD PADA HOMESCHOOLING CARNATION DI CIREBON) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD membantu dalam proses pelaksanaan pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui langakah-langkah pembelajaran koperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai implementasi model pembelajaran kooperatif, hasil pembelajaran kooperatif dan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kooperatif pada Homeschooling Carnation Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pada pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah Homeschooling Carnation Cirebon, Tutor 2 orang, peserta didik 2 orang. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitia menunjukan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif yaitu mencakup langkah-langkah pembelajaran kooperatif yipe STAD, pendekatan, strategi, metode dan teknik yang digunakan dalam model pemebelajaran kooperatif tipe STAD. Hasil pembelajaran kooperatif terdapat tiga aspek yaitu hasil belajar akademik, penerimaan terhadap individu baru dan keterampilan sosial. Serta mengenai faktor pendukung dan penghambat pada model pembelajaran kooperatif. Simpulan dari penelitian ini melalui penerapan langkah-langkah dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu (1) menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa, (2) menyajikan materi dengan menggunakan media pembelajaran, (3) mengorganisasikan siswa kedalam kelompok belajar, (4) membimbing dalam menyelesaikan latihan, (5) menyampaikan hasil diskusi kelompok, dan (6) memberikan penghargaan. Sedangkan pendekatan yang digunakan yaitu theacher centered approach dan student centered approach. Strategi yang digunakan adalah exposition discovery learning. Metode yang digunakan yaitu ceramah, diskusi dan presentasi. Teknik yang dominan yaitu teknik pembelajaran individual. Hasil belajar akademik yang meliputi: Aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik. penerimaan terhadap perbedaan individu sudah baik dilihat dari peserta didik yang bisa bekerja sama dengan siapa saja. Pengembangan keterampilan sosial peserta didik sudah cukup baik dilihat dari cara peserta didik berdiskusi dan berkomunikasi. Faktor pendukungnya sendiri yaitu kompetensi tutor yang baik, serta media pembelajaran yang memadai. Faktor penghambat dalam model pembelajaran ini yaitu jumlah peserta didik yang terbatas dan karakter peserta didik yang unik, serta terdapat beberapa kelas kurang kondusif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran kooperatif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 22 Oct 2020 02:19
Last Modified: 22 Oct 2020 02:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40360

Actions (login required)

View Item View Item