Pengaruh Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pendukung Proses Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas X SMK N 1 Karanganyar


Hana Sifakhatin, 1102416058 (2020) Pengaruh Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pendukung Proses Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas X SMK N 1 Karanganyar. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of Pengaruh Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pendukung Proses Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas X SMK N 1 Karanganyar]
Preview
PDF (Pengaruh Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pendukung Proses Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas X SMK N 1 Karanganyar) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Jejaring sosial bisa digunakan sebagai media untuk mencari materi, siswa bisa memanfaatkan platform youtube sebagai bahan diskusi maupun menjawab pertanyaan yang belum terjawab. Pada mata pelajaran seni budaya masih mengalami beberapa hambatan dikarenakan jumlah jam belajarnya yang terbatas, selain itu seni budaya juga lebih banyak praktiknya dari pada teori akan tetapi kenyataannya guru cenderung hanya memberikan teori – teori saja dikarenakan tidak semua guru seni budaya menguasai semua bidang pembelajaran seni budaya, contohnya guru hanya menguasai seni rupa saja akan tetapi tidak menguasai seni musik. Berdasarkan hal tersebut, peneliti akan meneliti tentang pengaruh Youtube sebagai media pendukung proses pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya kelas X Smk Negeri 1 Karanganyar. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen dengan pola Pre Test – postest control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri Karanganyar. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Jumlah sampel yang diteliti adalah 72 siswa yang terdiri dari 36 siswa untuk kelas eksperimen dan 36 siswa untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah dengan Pre Test dan Post Test. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan Hipotesis. Hipotesis penelitian dilakukan dengan uji independent sample t-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji independent sample ttest pada bagian Equal variance assumsed adalah nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample ttest dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan jejaring sosial sebagai media pendukung proses pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya. Maka dari itu Guru seni budaya diharapkan dapat memanfaatkan Jejaring sosial youtube untuk media pembelajaran dan bisa digunakan sebagai referensi pembelajaran siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jejaring Sosial, Youtube, Hasil Belajar, Seni Budaya
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 22 Oct 2020 02:17
Last Modified: 22 Oct 2020 02:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40359

Actions (login required)

View Item View Item