PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SMP NEGERI 26 SEMARANG


Yunia Nur Anggraeni, 1102416055 (2020) PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SMP NEGERI 26 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SMP NEGERI 26 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SMP NEGERI 26 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Reformasi pendidikan tidak cukup hanya dengan perubahan dalam sektor kurikulum, baik struktur maupun prosedur penulisannya. Pembaharuan kurikulum akan lebih bermakna bila diikuti oleh perubahan praktik pembelajaran di dalam maupun di luar kelas. Guru merupakan komponen paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan, yang harus mendapat perhatian sentral, pertama, dan utama. Kompetensi yang dimiliki guru perlu adanya peningkatan, untuk itu kepala sekolah sebagai “the key person” merupakan kunci dari keberhasilan peningkatan kualitas pendidikan di sekolah yang dipimpinnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik yang dimiliki guru di SMP Negeri 26 Semarang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 32 orang terdiri dari 29 orang ASN dan 8 orang non ASN. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif yang dapat digolongkan dalam penelitian asosiatif, penelitian asosiatif merupakan penelitian yang dilakukan untuk mencari hubungan atau pengaruh sebab akibat yaitu hubungan atau pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dengan hasil pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri 26 Semarang memiliki nilai koefisien regresi bernilai positif (+), maka dengan demikian dapat dikatakan bahwa pelaksanaan supervisi kepala sekolah (X) berpengaruh positif terhadap kompetensi pedagogik guru (Y), sehingga persamaan regresinya adalah Y= 77,202 + 0,629 X. Dan pengujian prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Semua penghitungan diolah menggunakan program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tanggapan capaian responden yang diperoleh dalam penilaian terhadap variabel supervisi kepala sekolah secara keseluruhan tergolong klasifikasi “sangat baik” dengan nilai rata-rata 4,35. (2) Tanggapan capaian responden yang diperoleh dalam penilaian terhadap variabel kompetensi pedagogik secara keseluruhan tergolong klasifikasi “sangat baik” dengan nilai rata-rata 4,54. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik Guru.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 22 Oct 2020 02:15
Last Modified: 22 Oct 2020 02:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40358

Actions (login required)

View Item View Item