PENGARUH SCHOOL WELL-BEING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN


Retno Palupi, 1102416031 (2020) PENGARUH SCHOOL WELL-BEING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH SCHOOL WELL-BEING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN]
Preview
PDF (PENGARUH SCHOOL WELL-BEING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat school well-being siswa ditunjukkan dengan kondisi sarana dan prasarana sekolah di seluruh Indonesia pada tahun 2017 mencapai presentase kerusakan sebesar lebih dari 50% (Badan Pusat Statistik, 2017). Dari sisi hubungan sosial, setidaknya 84% siswa pernah mengalami kasus bullying di sekolahnya (Maryam, 2018). Dari sisi pemaksimalan potensi siswa, masih banyak siswa yang enggan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler atau kokurikuler dengan alasan mengganggu waktu belajarnya (Direktorat Ketenagaan Dirjen Dikti, 2010: 22). Kemudian, dari sisi kesehatan di sekolah praktik Trias UKS belum dilaksanakan secara maksimal (Nurhayu, 2018). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui; kondisi school well-being siswa Jurusan Multimedia SMK N 11 Semarang, kondisi hasil belajar siswa Jurusan Multimedia SMK N 11 Semarang, dan pengaruh school well-being terhadap hasil belajar siswa SMK. Subjek penelitian sebanyak 86 siswa Jurusan Multimedia SMK N 11 Semarang tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data untuk mengukur kondisi school well-being menggunakan kuesioner dan observasi, sedangkan teknik pengumpulan data untuk mengukur kondisi hasil belajar menggunakan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi product moment untuk menjawab pertanyaan penelitian dengan taraf kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dengan nilai pearson correlation sebesar 0,696 antara school well-being dengan hasil belajar. Berdasarkan hasil tersebut, jika variabel X naik, maka variabel Y akan naik pula. Sebaliknya, jika variabel X turun, maka akan diikuti oleh penurunan variabel Y. Manfaat penelitian ini yaitu untuk dijadikan acuan sekolah dalam penciptaan suasana yang nyaman, masukan dan gambaran bagi guru tentang bagaimana pola hasil belajar siswa dengan tingkat school well-beingnya, dukungan akan pentingnya kenyamanan untuk menunjang hasil belajar siswa, serta dijadikan acuan dan pertimbangan bagi penelitian sejenis

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: school well-being, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 22 Oct 2020 02:12
Last Modified: 22 Oct 2020 02:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40356

Actions (login required)

View Item View Item