EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DI SMK N 11 SEMARANG


Laely Nafi’atus Sholekhah, 1102416022 (2020) EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DI SMK N 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DI SMK N 11 SEMARANG]
Preview
PDF (EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DI SMK N 11 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran E-learning merupakan pembelajaran yang memanfaatkan teknologi. perkembangan ilmu pengethauan diikuti dengan teknologi infromasi internet dan teknologi mutakhir. dengan adanya pembeljaran berbasis E-learning dapat meningkatkan mutu kualitas proses pembelajaran. permasalahan yang sedang dihadapi adalah pihak sekolah dan guru dalam kemampuan menerapkan Elearning, budaya belajar mandiri yang belum diterapkan, guru yang mbelum menggunakan dan menerapkan proses pembelajaran berbasis E-learning. peneltian ini bertujuan untuk mendeskripsika pelaksanaan proses pembelajaran berbasis Elearning di SMK N 11 Semarang. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatakn deskriptif. model evaluasi yyang digunakan yaitu model CIPP (context, input, process, and product). pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran berbasis E-learning di SMK N 11 Semarang meliputi proses perencanaan, proses pelaksanaan dan proses evaluasi. Hasl dari evaluasi menggunakan model CIPP secara kseluruhan pada aspek konteks sudah sesuai hubungan antara kebutuhan dan tujuan dalam proses pembelajaran berbasis E-learning. Pada aspek masukan proses pembelaaran berbasis E-learning di SMK N 11 Semarang perlu adanya peningkatan dalam sarana dan prasarana, untuk merealisasikan proses pembelajaran berbasis Elearning secara serentak di SMK N 11 Semarang. Pada aspek proses pelaksanaan pembelajaran berbasis E-learning di SMK N 11 Semarang yakni terdapat evaluasi harian dan evaluasi semesteran dalam proses pembelajaran berbasi E-learning di SMK N 11 Semarang. Pada aspek Produk proses pembelajaran berbasis E-learning adalah suatu capaian yang berasil diraih oleh guru dalam proses pelaksanaan proses pembelajaran E-learning di SMK N 11 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Pembelajaran E-learning.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 22 Oct 2020 02:02
Last Modified: 22 Oct 2020 02:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40354

Actions (login required)

View Item View Item