KOMPETENSI TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL KNOWLEDGE (TPK) GURU PADA PRAKTIK PEMBELAJARAN DI KELAS OLIMPIADE SMA NEGERI 3 SEMARANG


Novi Kurniasih, 1102416011 (2020) KOMPETENSI TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL KNOWLEDGE (TPK) GURU PADA PRAKTIK PEMBELAJARAN DI KELAS OLIMPIADE SMA NEGERI 3 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KOMPETENSI TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL KNOWLEDGE (TPK) GURU PADA PRAKTIK PEMBELAJARAN DI KELAS OLIMPIADE SMA NEGERI 3 SEMARANG]
Preview
PDF (KOMPETENSI TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL KNOWLEDGE (TPK) GURU PADA PRAKTIK PEMBELAJARAN DI KELAS OLIMPIADE SMA NEGERI 3 SEMARANG) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kerangka Technological Pedagogical Knowledge (TPK)/pengetahuan pedagogi dan teknologi belum sepenuhnya diketahui oleh para pendidik dalam praktik pembelajaran. Pengetahuan mendalam tentang pengintegrasian teknologi yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dengan berdasarkan pedagogis tertentu. Sebagai strategi penggunaan teknologi tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kemampuan Technological Knowledge (TK), kemampuan Pedagogical Knowledge (PK) dan kemampuan Technological Pedagogical Knowledge (TPK) menjadi tiga aspek dari tujuh komponen TPACK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan Technological Knowledge (TK), Pedagogical Knowledge (PK) dan penerapan Technological Pedagogical Knowledge guru dalam praktik pembelajaran di kelas olimpiade di SMA Negeri 3 Semarang. Metode Penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mendapatkan keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi. Teknik Triangulasi yang dipakai yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Kemampuan Technological Knowledge (TK) guru kelas olimpiade mampu menggunakan perangkat teknologi digital dan non digital dengan menggunakan laptop/komputer, LCD Proyektor serta dapat mengatasi kendala teknis dengan berbagi alternative penyelesaian, (2) kemampuan Pedagogical Knowledge (PK) guru dalam praktik pembelajaran di kelas olimpiade mampu menerapkan berbagai macam (metode/pendekatan/metode/teknik), pengelolaan kelas dan penilaian proses pembelajaran, (3) Kemampuan Technological Pedagogical Knowledge (TPK) guru pada praktik pembelajaran di kelas olimpiade mampu mengintegrasikan teknologi dengan mengkolaborasikan pembelajaran konvensional pada praktik pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Technological Knowledge Pedagogical Knowledge, Technological Pedagogical Knowledge (TPK)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 22 Oct 2020 01:59
Last Modified: 22 Oct 2020 01:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40351

Actions (login required)

View Item View Item