PERAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PENCAPAIAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK SISWA (Studi di SMA Kolese Loyola Semarang)


Eri Pradiptya, 1102415005 (2020) PERAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PENCAPAIAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK SISWA (Studi di SMA Kolese Loyola Semarang). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PENCAPAIAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK SISWA (Studi di SMA Kolese Loyola Semarang)]
Preview
PDF (PERAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PENCAPAIAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK SISWA (Studi di SMA Kolese Loyola Semarang)) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Prestasi siswa dapat dipengaruhi oleh berbagai macam hal, faktor tersebut dapat berupa faktor internal dan faktor eksternal. Kaitannya dengan faktor eksternal, lingkungan sekolah menjadi salah satu faktor yang membantu subjek belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Di tengah banyaknya kasus mengenai peran lingkungan sekolah yang tidak mengakomodasi kebutuhan siswa, SMA Kolese Loyola memiliki capaian prestasi yang tinggi dan menjadi salah satu sekolah unggulan di Jawa Tengah khususnya di Kota Semarang. Menurut data yang dirilis Kemendikbud berkaitan dengan nilai UN tahun pelajaran 2016/2017 SMA Kolese Loyola menempati urutan pertama dengan capaian nilai ujian tertinggi di Kota Semarang dengan rata-rata nilai ujian 80,04. Pada tahun ajaran berikutnya menempati urutan pertama di Kota Semarang dengan rata-rata nilai 80,28. Rilis data terakhir nilai UN menunjukkan bahwa SMA Kolese Loyola mengalami peningkatan rata-rata nilai ujian nasional dengan angka 80,74. Dari sumber yang sama SMA Kolese Loyola menjadi salah satu sekolah dengan indeks integritas tertinggi dan terkonsisten selama 6 tahun berturut-turut dengan nilai indeks integritas sebesar 98.03. Selain bidang akademik, SMA Kolese Loyola juga memiliki pencapaian tinggi pada bidang non akademik, yaitu bidang pengembangan skill, minat, dan bakat. Hal tersebut dibuktikan capaian prestasi non akademik di kancah nasional dan internasional. Dengan banyaknya prestasi yang dimiliki oleh SMA Kolese Loyola peneliti tertarik untuk mengungkap peran lingkungan sekolah sehingga dapat memiliki capaian prestasi yang tinggi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Kolese Loyola dan subjek dalam penelitian ini adalah siswa, wakil kepala sekolah, guru, dan karyawan. Teknik sampling menggunakan purposive sampling didukung dengan teknik snawballing. Teknik keabsahan data dalam penelitian menggunakan triangulasi teknik dan metode. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman dengan langkah 1) data collection, 2) data reduction, 3) data display, 4) drawing/verfication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) lingkungan sekolah dikelola dengan baik sesuai standar masing-masing komponen, 2) hambatan pengelolaan yang dihadapi memiliki bentuk hambatan teknis dan non teknis, 3) capaian prestasi siswa bidang akademik dan non akademik tinggi, 4) Peran lingkungan sekolah terhadap peningkatan prestasi tinggi dan diwujudkan dalam berbagai bentuk.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Sekolah, Peran Lingkungan Sekolah, Prestasi Siswa,
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 22 Oct 2020 01:53
Last Modified: 22 Oct 2020 01:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40348

Actions (login required)

View Item View Item