KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MODEL OSBORN SIMPLE FEEDBACK BERDASARKAN TIPE KESALAHAN


Uzlifa Khanifatul Muttaqi, 0401517031 (2019) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MODEL OSBORN SIMPLE FEEDBACK BERDASARKAN TIPE KESALAHAN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MODEL OSBORN SIMPLE FEEDBACK BERDASARKAN TIPE KESALAHAN]
Preview
PDF (KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MODEL OSBORN SIMPLE FEEDBACK BERDASARKAN TIPE KESALAHAN) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Muttaqi, U. K. 2019. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Model Osborn Simple Feedback Berdasarkan Tipe Kesalahan”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Kartono, M.Si, Pembimbing II Dr. Nur Karomah Dwidayati, M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Osborn Simple Feedback, Tipe Kesalahan. Kemampuan pemecahan masalah matematis (KPMM) merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Kendati demikian, mayoritas siswa masih melakukan berbagai kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan tersebut, terutama pada materi Peluang. Guna mengatasi hal tersebut, diperlukan pembelajaran inovatif dan kreatif yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan mengurangi berbagai kesalahan, salah satunya yaitu pembelajaran dengan Model Osborn Simple Feedback (OSF). Tahapan pembelajaran model Osborn yaitu orientasi, identifikasi, klasifikasi, verifikasi, dan konklusi. Dan pada tahap tersebut diberikan Simple Feedback baik secara lisan maupun tertulis guna membantu siswa dalam memahami materi Peluang dan mengurangi kesalahan yang siswa lakukan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis keefektifan pembelajaran matematika pada Model OSF terhadap KPMM siswa MTs Al-Ma’arif Rakit; (2) menganalisis KPMM siswa MTs Al-Ma’arif Rakit pada pembelajaran model OSF berdasarkan tipe kesalahan. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan desain sequential explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Ma’arif Rakit tahun ajaran 2018/2019. Pada penelitian kuantitatif, pengambilan sampel dilakukan secara random sampling dan diperoleh siswa dalam dua kelas yang kemampuan awal pemecahan masalahnya tidak berbeda secara signifikan, yaitu kelas VIII D dan VIII F. Pada penelitian kualitatif, dipilih siswa dengan persentase kesalahan tertinggi dari kelompok eksperimen sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil rata-rata KPMM lebih dari 65, proporsi ketuntasan klasikal lebih dari 75%, KPMM siswa kelas eksperimen lebih baik dari KPMM kelas kontrol, dan proporsi KPMM siswa yang tuntas di kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol; (2) siswa tipe reading belum mampu mencapai tahapan pemecahan masalah, siswa tipe comprehension mampu mencapai tahapan menyusun rencana dan melaksanakan rencana pemecahan masalah, siswa tipe transformation mampu melaksanakan tahapan memahami masalah dan menyusun rencana pemecahan, siswa tipe process skill mampu melaksanakan tahapan memahami masalah dan menyusun rencana pemecahan masalah, dan siswa tipe encoding mampu melaksanakan tahapan memahami masalah, menyusun rencana, dan melaksanakan rencana pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran matematika pada Model OSF efektif terhadap KPMM siswa dan deskripsi KPMM yang dicapai berbeda tergantung tipe kesalahan yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Osborn Simple Feedback, Tipe Kesalahan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 07:34
Last Modified: 21 Oct 2020 07:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40342

Actions (login required)

View Item View Item