MODEL DETERMINAN MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA


HENDRAJAYA, 0101613016 (2019) MODEL DETERMINAN MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA. Doctoral thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL DETERMINAN MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA]
Preview
PDF (MODEL DETERMINAN MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Hendrajaya. 2018. Model Determinan Minat Berwirausaha Mahasiswa. Disertasi, Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang. Promotor: Prof. Dr. Joko Widodo, M.Pd., Ko-Promotor: Prof. Dr. Maman Rachman, M.Sc., Anggota Promotor: Prof. Dr. Tri Joko Raharjo, M.Pd. Kata Kunci: Minat Berwirausaha Mahasiswa, Pendidikan Kewirausahaan dalam Program Magang, Mobile Learning Minat berwirausaha mahasiswa yang masih rendah. Pendidikan kewirauasaan belum dapat secara efektif mengurangi tingkat pengangguran pada lulusan Perguruan Tinggi. Pendidikan kewirausahaan Program magang belum secara efektif dapat meningkatkan minat kewirausahaan mahasiswa. Program magang lebih fokus pada kompetensi keahlian dibandingkan magang kewirausahaan. Pada Era Teknologi Informasi dan internet, Mobile Learning berpotensi untuk mendukung Pendidikan Kewirausahaan dalam Program Magang . Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan manganalisis Pengaruh Persepsi Manfaat Mobile Learning dalam Mendukung Pendidikan Kewirausahaan dalam Program Magang Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan survei terhadap 140 Mahasiswa Tingkat Akhir di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia (STIEPARI) di Kota Semarang yang sedang atau telah mengikuti program magang. Manfaat Mobile Learning diukur dari persepsi mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan, pengalaman dan motivasi sosial terhadap kewirausahaan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian ini secara umum menemukan bahwa pendidikan kewirausahaan melalui program magang, Persepsi Manfaat M-Learning persepsi kelayakan berwirausaha berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha baik secara langsung maupun melalui persepsi keinginan berwirausaha. Hasil penelitian memberikan implikasi pengembangan Teori Minat Kewirausahaan dengan memasukkan faktor persepsi manfaat M-Learning sebagai faktor eksternal yang mempengaruhi keinginan dan minat kewirausahaan. Hasil penelitian memberikan implikasi praktis potensi pengembangan kewirausahaan melalui M-Learning untuk meningkatkan minat kewirausahaan. M-Learning misalnya memberikan potensi pembelajaran mandiri, peluang sharing pengetahuan, pengalaman, berbasis problem solving dan memfasilitasi motivasi kewirausahaan. mengatasi masalah waktu sibuk mentor di lingkungan industri serta pembelajaran tidak terbatas ruang dan waktu.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Minat Berwirausaha Mahasiswa, Pendidikan Kewirausahaan dalam Program Magang, Mobile Learning
Subjects: L Education > L Education (General) > Motivating Learners
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 07:25
Last Modified: 21 Oct 2020 07:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40339

Actions (login required)

View Item View Item