ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS TINGKAT TINGGI BERDASARKAN SELF-EFFICACY MATEMATIKA PADA ACCELERATED LEARNING PENDEKATAN INFERENTIALISM


Yoshida Agung Ramadan, 0401517059 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS TINGKAT TINGGI BERDASARKAN SELF-EFFICACY MATEMATIKA PADA ACCELERATED LEARNING PENDEKATAN INFERENTIALISM. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS TINGKAT TINGGI BERDASARKAN SELF-EFFICACY MATEMATIKA PADA ACCELERATED LEARNING PENDEKATAN INFERENTIALISM]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS TINGKAT TINGGI BERDASARKAN SELF-EFFICACY MATEMATIKA PADA ACCELERATED LEARNING PENDEKATAN INFERENTIALISM) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Ramadan, Yoshida Agung. 2019. “Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Berdasarkan Self-Efficacy Matematika pada Accelerated Learning Pendekatan Inferentialism”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Masrukan, M.Si., Pembimbing II Dr. Mulyono, M.Si. Kata Kunci Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi, Model Accelerated Learning, Inferentialism, Self Efficacy Matematika. Tujuan penelitan ini adalah (1) menganalisis kualitas pembelajaran model accelerated learning pendekatan inferentialism terhadap kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi siswa; (2) menguji pengaruh self efficacy matematika terhadap kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi siswa; (3) memperoleh deskripsi kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi siswa berdasarkan self-efficacy matematika pada pembelajaran model accelerated learning pendekatan inferentialism. Penelitian ini termasuk penelitian mixed method sequential eksplanatory. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi, angket, observasi, dan wawancara. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Banyumas. Data kuantitatif dipilih dengan teknik purposive sampling. Data kualitatif diambil berdasarkan angket self efficacy matematika sebanyak enam siswa yang mewakili setiap kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Teknik analisis data kuantitatif dengan statistika parametrik uji proporsi, uji beda proporsi, uji beda rata-rata, uji regresi sederhana. Teknik analisis data kualitatif dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pembelajaran accelerated learning pendekatan inferentialism berkualitas, (2) adanya pengaruh self efficacy matematika terhadap kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi siswa; (3) siswa yang memiliki self efficacy matematika tinggi mempunyai kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi sebagai berikut subjek T1 mampu memenuhi indikator C6 (Mengkreasi), C5 (Mengevaluasi), dan C4 (menganalisis), sedangkan subjek T2 mampu memenuhi indikator C6 (Mengkreasi), C5 (Mengevaluasi), tetapi kurang dalam C4 (menganalisis), siswa yang memiliki self efficacy matematika sedang mempunyai kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi sebagai berikut subjek S1 kurang memenuhi indikator C6 (Mengkreasi), tetapi mampu C5 (Mengevaluasi), dan kurang dalam C4 (menganalisis), sedangkan subjek S2 mampu memenuhi indikator C6 (Mengkreasi), C5 (Mengevaluasi), dan kurang dalam C4 (menganalisis) dan terakhir siswa yang memiliki self efficacy matematika rendah mempunyai kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi sebagai berikut subjek R1 kurang memenuhi indikator C6 (Mengkreasi), tetapi mampu C5 (Mengevaluasi), dan kurang dalam C4 (menganalisis), sedangkan subjek R2 kurang dalam memenuhi indikator C6 (Mengkreasi), tetapi mampu dalam C5 (Mengevaluasi), dan kurang dalam C4 (menganalisis).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi, Model Accelerated Learning, Inferentialism, Self Efficacy Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Process
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 07:20
Last Modified: 21 Oct 2020 07:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40338

Actions (login required)

View Item View Item