PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PEMBELAJARAN TEMATIK MINDFULNESS SEKOLAH MINGGU BUDDHA


Partono, 0101612024 (2019) PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PEMBELAJARAN TEMATIK MINDFULNESS SEKOLAH MINGGU BUDDHA. Doctoral thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PEMBELAJARAN TEMATIK MINDFULNESS SEKOLAH MINGGU BUDDHA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PEMBELAJARAN TEMATIK MINDFULNESS SEKOLAH MINGGU BUDDHA)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Partono. 2019. “Pengembangan Model Manajemen Pembelajaran Tematik Mindfulness Sekolah Minggu Buddha”. Disertasi. Program Studi Manajemen Kependidikan. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Promotor Prof. Dr. Dwi Yuwono Puji Sugiharto, M.Pd., Kons., Kopromotor Prof. Dr. Tri Joko Raharjo, M.Pd., Anggota Promotor Dr. Titi Prihatin, M.Pd. Kata kunci: Model Manajemen, Pembelajaran Tematik, Mindfulness, Sekolah Minggu Buddha Sekolah minggu Buddha (SMB) merupakan pelengkap atau bagian dari pendidikan keagamaan pada satuan pendidikan nonformal yang diselenggarakan setiap hari Minggu. Pendidikan nonformal SMB dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan keagamaan Buddha layaknya pendidikan agama yang diberikan pada sekolah formal. Keberadaan SMB dapat memfasilitasi anak-anak sekolah formal yang tidak mendapatkan pelayanan pendidikan keagamaan Buddha dan budi pekerti di sekolah formal. Saling ketergantungan antara pendidikan formal dan nonformal semakin nyata dimana vihara-vihara membutuhkan pendidikan anak di sekolah dengan di lingkungan rumah. Tujuan penelitian ini yaitu (1) menganalisis model manajemen pembelajaran sekolah minggu Buddha yang ada saat ini, (2) menganalisis model hipotetik manajemen pembelajaran tematik mindfulness sekolah minggu Buddha, dan (3) menganalisis model layak manajemen pembelajaran tematik mindfulness SMB. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan (research and development) mengikuti pola tahapan penelitian oleh Borg & Gall (2003) yang diringkas menjadi tiga tahap utama tahapan penelitian meliputi: tahap studi pendahuluan, pengembangan, validasi. Subjek pendelitian adalah pengembang kurikulum dan guru SMB di Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dokumentasi, dan focus group discussion. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pengembangan diperoleh model faktual, model hipotetik, dan model layak. Model layak adalah Model Manajemen Pembelajaran Tematik Mindfulness Sekolah Minggu Buddha (MMPTM-SMB). Model ini dikembangakan berdasarkan pada fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian atau evaluasi) dan pengembangan konten berdasarkan empat pengembangan (bhāvanā) yaitu pengembangan fisik (kāya bhāvanā), pengembangan sosial atau moral (sīla- bhāvanā), pengembangan mental (citta-bhāvanā) dan pengembangan pengetahuan (paññā-bhāvanā). Model layak tersebut sudah divalidasi ahli, pakar, dan pengguna sangat layak untuk diterapkan dan di implemtasikan menjadi MMPTM-SMB. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan guru dan lembaga penyelenggara pendidikan SMB dapat menerapkan MMPTM-SMB, dan Dirjen Bimas Buddha dapat memanfaatkan MMPTM-SMB untuk peningkatan SDM guru, dan tenaga kependidikan di lingkungan SMB.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Model Manajemen, Pembelajaran Tematik, Mindfulness, Sekolah Minggu Buddha
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > Education Management
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 07:05
Last Modified: 21 Oct 2020 07:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40334

Actions (login required)

View Item View Item