PERAN PEMBELAJARAN SIMULASI DALAM MEMEDIASI EFIKASI DIRI, MOTIVASI TERHADAP KOMPETENSI TARUNA POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG


Yuliani, 0102516017 (2019) PERAN PEMBELAJARAN SIMULASI DALAM MEMEDIASI EFIKASI DIRI, MOTIVASI TERHADAP KOMPETENSI TARUNA POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN PEMBELAJARAN SIMULASI DALAM MEMEDIASI EFIKASI DIRI, MOTIVASI TERHADAP KOMPETENSI TARUNA POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG]
Preview
PDF (PERAN PEMBELAJARAN SIMULASI DALAM MEMEDIASI EFIKASI DIRI, MOTIVASI TERHADAP KOMPETENSI TARUNA POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG)
Download (5MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Yuliani. 2019.”Peran Pembelajaran Simulasi dalam Memediasi Efikasi Diri dan Motivasi terhadap Kompetensi Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang”. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Fakhruddin,M.pd., Pembimbing II Dr. Kardoyo, M.Pd. Kata Kunci : efikasi diri, motivasi, pembelajaran simulasi, kompetensi. Kompetensi taruna dapat mempengaruhi tingkat output, yang dihasilkan dalam proses pendidikan dan pembelajaran. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi antara lain efikasi diri, motivasi, pembelajaran simulasi. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel tersebut maka dilakukan penelitian. Tujuan penelitian untuk menguji dan menganalisis pengaruh efikasi diri, motivasi dan pembelajaran simulasi terhadap kompetensi taruna di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain korelasional dan menggunakan angket sebagai pengumpul data. Populasi penelitian sebanyak 172 taruna dengan sample sebanyak 120 taruna dan analisis pengolahan data menggunakan SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan: (1) efikasi diri terhadap pembelajaran simulasi dengan nilai signifikan sebesar 0.840 (>0,050) dan nilai beta (-0.056) berpengaruh negatif (2) motivasi terhadap pembelajaran simulasi dengan nilai signifikan sebesar 0.057 (>0.050) dan nilai beta (0.530) berpengaruh negatif. (3) efikasi diri terhadap kompetensi dengan nilai signifikan sebesar 0.000 (<0,050) dan nilai beta (0.719) berpengaruh positif. (4) motivasi terhadap kompetensi dengan nilai signifikan sebesar 0.000 (<0,050) dan nilai beta (0,281) berpengaruh positif. (5) pembelajaran simulasi terhadap kompetensi dengan nilai signifikan sebesar 0,331 (>0050) dan nilai beta (-0,19) berpengaruh negatif. Simpulan penelitian bahwa (1) Efikasi diri tidak berpengaruh terhadap pembelajaran simulasi, (2) Motivasi tidak berpengaruh terhadap pembelajaran simulasi, (3) Efikasi diri berpengaruh terhadap kompetensi, (4) Motivasi berpengaruh terhadap kompetensi, (5) Pembelajaran simulasi tidak berpengaruh terhadap kompetensi. Disarankan agar meningkatkan dan mengoptimalkan tingkat efikasi diri , motivasi, dan pembelajaran simulasi dengan management yang baik agar tercapai kompetensi yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : efikasi diri, motivasi, pembelajaran simulasi, kompetensi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > motivation to learn
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 06:50
Last Modified: 21 Oct 2020 06:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40331

Actions (login required)

View Item View Item