UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PITCH CONTROL DENGAN MENGGUNAKAN NOTASI ANGKA PADA SISWA KELAS VII I SMP 3 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2008 / 2009


Agustinus Irianto , 2501907030 (2009) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PITCH CONTROL DENGAN MENGGUNAKAN NOTASI ANGKA PADA SISWA KELAS VII I SMP 3 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2008 / 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PITCH CONTROL  DENGAN MENGGUNAKAN NOTASI ANGKA  PADA SISWA KELAS VII I SMP 3 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2008 / 2009]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PITCH CONTROL DENGAN MENGGUNAKAN NOTASI ANGKA PADA SISWA KELAS VII I SMP 3 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2008 / 2009) - Published Version
Download (916kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Seni Budaya khususnya seni musik merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan pada setiap sekolah. Dalam proses belajar mengajar, pendidikan seni musik mempunyai tingkat kesulitan cukup tinggi apabila siswa tidak mempelajarinya dengan sungguh-sungguh. Apalagi kalau didalam pelaksanaan pelajaran yang diberikan berupa seni musik vokal, siswa harus menggunakan bagian-bagian badan yang berhubungan dengan terjadinya suara sebagai sarana atau media agar kegiatan bermain musiknya dapat berhasil dengan baik. Berdasarkan kenyataan ini, maka peneliti mencoba untuk meningkatkan kemampuan Pitch Control siswa dengan menggunakan Notasi Angka. Adapun judul skripsi yang di pilih adalah ″ Upaya meningkatkan kemampuan Pitch Control dengan menggunakan Notasi Angka pada siswa kelas VII I SMP 3 kudus ″ tahun pelajaran 2008 – 2009. Dalam skripsi ini, peneliti akan mengungkapkan tentang bagaimana meningkatkan kemampuan Pitch Control siswa dengan menggunakan Notasi Angka dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dalam proses belajar di kelas. Tujuan penelitian ini adalah agar kemampuan Pitch Control siswa dapat meningkat setelah memperoleh pembelajaran Notasi Angka. Disamping itu dapat diketahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam proses belajar mengajar. Dilakukannya upaya meningkatkan kemampuan Pitch Control dengan menggunakan Notasi Angka ini dimaksudkan dapat menyumbangkan suatu pengetahuan dalam dunia pendidikan khususnya seni musik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan teknik pengambilan data, disamping juga dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara, pengamatan, dan tes. Pengamatan dilakukan pada saat siswa mengekspresikan dirinya dalam kegiatan belajar mengajar, sedangkan tes dilakukan setelah tahap-tahap siklus berakhir. Pada bagian akhir pembelajaran, pengambilan data mengenai pembelajaran yang telah dilakukan melalui angket refleksi. Hasil penelitian dari pelaksanaan 2 kali siklus menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, yaitu pada siklus 1 prosentase ketuntasan belajar siswa dari 40 siswa 57,5 % tuntas belajar (23 siswa) sedangkan 42,5 % tidak tuntas belajar dengan nilai rata-rata kelas mencapai 6,19. Pada siklus 2 menunjukkan prosentase ketuntasan belajar siswa 72,5 % tuntas belajar (29 siswa) sedangkan 27,5 % (11 siswa) tidak tuntas belajar dengan nilai rata-rata kelas 7,09. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan peningkatan yang signifikan yaitu prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 sebesar 57,5 % meningkat menjadi 72,5 % pada siklus 2. Untuk nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan dari 6,19 menjadi 7,09. Akhirnya peneliti dapat menyimpulkan bahwa siswa merasa senang belajar Pitch Control dengan menggunakan Notasi Angka. Demikian juga guru lebih bervariasi dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran serta adanya peningkatan hasil belajar siswa. Ketuntasan belajar semakin baik dan nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan yang sangat memuaskan. Berkaitan dengan hal tersebut di atas, penting bagi guru mencoba dalam pembelajaran Pitch Control di kelas dengan menggunakan Notasi Angka agar siswa dapat menunjukkan kemampuan Pitch Control dengan baik. Dalam pembelajaran seni musik, perlu kiranya dibutuhkan semangat belajar yang sangat tinggi sehingga dapat diperoleh hasil yang memuaskan. Peningkatan mutu pengajaran dan tersedianya sarana pendidikan akan menunjang tercapainya cita-cita sesuai dengan yang diharapkan oleh semua pihak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pitch control, notasi,
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2011 01:04
Last Modified: 25 Apr 2015 05:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4033

Actions (login required)

View Item View Item