Pengembangan Modul Pencemaran Lingkungan Dengan Mengimplementasikan Program Ekstrakurikuler Laskar Kalpataru Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan dan Minat Entrepreneurship Pada Siswa


Sulistiyanti, 0402514054 (2019) Pengembangan Modul Pencemaran Lingkungan Dengan Mengimplementasikan Program Ekstrakurikuler Laskar Kalpataru Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan dan Minat Entrepreneurship Pada Siswa. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “Pengembangan Modul Pencemaran Lingkungan Dengan Mengimplementasikan Program Ekstrakurikuler Laskar Kalpataru Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan dan Minat Entrepreneurship Pada Siswa]
Preview
PDF (“Pengembangan Modul Pencemaran Lingkungan Dengan Mengimplementasikan Program Ekstrakurikuler Laskar Kalpataru Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan dan Minat Entrepreneurship Pada Siswa)
Download (33MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Sulistiyanti. 2019. “Pengembangan Modul Pencemaran Lingkungan Dengan Mengimplementasikan Program Ekstrakurikuler Laskar Kalpataru Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan dan Minat Entrepreneurship Pada Siswa”. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dr. Nur Kusuma Dewi, M.Si., Pembimbing II: Dr. Murbangun Nuswowati M.Si Kata kunci: modul, Laskar Kalpataru, peduli lingkungan, minat kewirausahaan. Pengembangan bahan ajar tentang pencemaran lingkungan untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) membutuhkan sejenis modul yang menarik dan inovatif serta dapat memberikan penguatan sikap peduli lingkungan, dan menumbuhkan minat kewirausahaan (Entrepreneurship) kepada peserta didik. Modul yang dikembangkan merupakan modul yang mengimplementasikan pada salah satu program ekstrakurikuler Laskar Kalpataru yang visinya adalah terwujudnya penguatan karakter peduli lingkungan melalui gerakan penyelamatan lingkungan, karena disadari atau tidak, era globalisasi yang mengikis nilai-nilai pembentuk manusia yang mempunyai pemahaman sikap dan perilaku yang berkarakter . Oleh karena itu, dikembangkanlah modul pencemaran lingkungan yang didalamnya berisi penguatan sikap peduli lingkungan dan menumbuhkan minat kewirausahaan (Entrepreneurship) sesuai dengan kebutuhan peserta didik pada jenjang SMP. Sesuai dengan rumusan masalah yang diajukan, hasil penelitian ini menjawab tiga masalah penelitian tersebut. Pertama, sesuai dengan hasil empat validator yang menunjukkan bahwa modul pencemaran lingkungan dengan mengimplementasikan program Laskar Kalpataru untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan dan menumbuhkan minat kewirausahaan (Enterpreunership) pada siswa yang dikembangkan, layak digunakan sesuai dengan kriteria kelayakan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Hal ini sesuai dengan hasil tentang penilaian kelayakan modul pencemaran lingkungan oleh pakar, diketahui bahwa penilaian tahap I oleh validator memperoleh jawaban “ya” pada semua aspek yang ditanyakan. Pada penilaian tahap II, diperoleh rata-rata skor kelayakan isi sebesar 92,97%, kelayakan bahasa sebesar 90,83% dan rata-rata skor komponen penyajian sebesar 90,3%. Kedua, penerapan modul pencemaran lingkungan dengan mengimplementasikan program laskar kalpataru yang dikembangkan, efektif untuk meningkatkan hasil belajar ranah pengetahuan siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan sebelum dan sesudah menggunakan modul pencemaran lingkungan dengan mengimplementasikan program Laskar Kalpataru, juga dapat dilihat dari nilai akhir siswa yang diperoleh dari rata-rata nilai tugas dan nilai post test Ketiga, penerapan modul tema pencemaran lingkungan dengan mengimplementasikan program Laskar Kalpataru yang dikembangkan dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan dan menumbuhkan minat kewirausahaan siswa dengan keriteria sudah membudaya (hasil rata-rata 84,83%).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: modul, Laskar Kalpataru, peduli lingkungan, minat kewirausahaan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > school environment
L Education > Special Education > Biology Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 06:44
Last Modified: 21 Oct 2020 06:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40329

Actions (login required)

View Item View Item