PENGEMBANGAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN E-LEARNING DI SMA NEGERI 1 DEMAK


Nafisatul Chaliyyah, 0102516026 (2019) PENGEMBANGAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN E-LEARNING DI SMA NEGERI 1 DEMAK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN E-LEARNING DI SMA NEGERI 1 DEMAK]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN E-LEARNING DI SMA NEGERI 1 DEMAK)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Chaliyyah, Nafisatul. 2019. “Pengembangan Manajemen Pembelajaran E-learning di SMA Negeri 1 Demak”. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Rasdi Ekosiswoyo, M.Sc., Pembimbing II Dr. Ir. I Made Sudana, M.Pd. IPM. Kata Kunci: Pengembangan Model, Manajemen Pembelajaran, E-learning Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan dan menganalisis model manajemen pembelajaran e-learning yang ada; (2) menganalisis model manajemen pembelajaran e-learning yang dikembangkan; dan (3) menganalisis tingkat keefektifan model manajemen pembelajaran e-learning. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan Delphi Exercise serta Ujicoba terbatas. Subjek ujicoba di lapangan melibatkan kepala sekolah, waka kurikulum, koordinator IT, guru, dan siswa. Data yang diperoleh di analisis menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (a) pelaksanaan pembelajaran e-learning belum tampak perencanaan yang terstruktur sehingga dikembangkan model hipotetik manajemen pembelajaran e-learning; (b) hasil validasi ahli dan praktisi model manajemen pembelajaran e-learning menunjukkan 94,35% berpendapat sangat baik sedangkan berdasar pendapat praktisi 91,17% menyatakan sangat baik; dan (c) keefektifan Model Manajemen Pembelajaran e-learning ditentukan berdasarkan hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik. Besarnya kenaikan pre-test dan post-test dalam kriteria tinggi, untuk kognitif dengan n-gain sebesar 0,41, afektif/sikap disiplin menunjukkan kriteria yang baik dan sikap mandiri menunjukkan rata-rata yang baik, sedangkan psikomotorik menunjukkan kriteria yang terampil yakni sebesar 3,10. Simpulan dalam penelitian ini adalah: model faktual manajemen pembelajaran e-learning yang selama ini dilaksanakan oleh guru SMA Negeri 1 Demak terbatas pada perencanaan pembelajaran, model hipotetik manajemen pembelajaran e-learning dilakukan dengan pendekatan teori manajemen Gorton dinyatakan valid, dan model manajemen pembelajaran e-learning efektif sehingga model tersebut layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan Model, Manajemen Pembelajaran, E-learning
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning style
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 06:12
Last Modified: 21 Oct 2020 06:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40324

Actions (login required)

View Item View Item