PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KERJA MELALUI KOMITMEN TERHADAP KINERJA GURU (Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora)


ASMA AZIZAH NURILLA, 0102516003 (2019) PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KERJA MELALUI KOMITMEN TERHADAP KINERJA GURU (Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KERJA MELALUI KOMITMEN TERHADAP KINERJA GURU (Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora)]
Preview
PDF (PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KERJA MELALUI KOMITMEN TERHADAP KINERJA GURU (Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora))
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Nurilla, Asma Azizah. (2019). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja Dan Komitmen Terhadap Kinerja Guru (Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora). Tesis, Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Tri Joko Rahardjo, M.Pd. Pembimbing II Dr. Ir. I Made Sudana, M.Pd, IPM. Kata kunci: motivasi, lingkungan kerja, komitmen kinerja guru Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh parsial dan simultan motivasi dan lingkungan kerja dan komitmen terhadap kinerja guru dalam menyelenggarakan pembelajaran. Penelitian ini juga menguji pengaruh motivasi, lingkungan kerja melalui komitmen terhadap kinerja guru dalam menyelenggarakan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penilitian populasi dengan menggunakan metode kuantitatif dan pendekatan survey. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan pada 138 guru. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh motivasi berpengaruh terhadap komitmen guru sebesar 1,7%. Lingkungan kerja berpengaruh terhadap komitmen guru sebesar 47,9%. Pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap komitmen guru sebesar 63,7%. Sedangkan motivasi terhadap kinerja guru sebesar 14,7%. Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru sebesar 9,3%. Pengaruh komitmen terhadap kinerja guru yaitu sebesar 12,6%. Terdapat pengaruh motivasi, lingkungan kerja dan komitmen terhadap kinerja guru yaitu sebesar 59,1%. Tidak terdapat pengaruh motivasi terhadap kinerja guru melalui komitmen karena Indirect Effect lebih kecil dari nilai Direct Effect. Berdasarkan hasil tersebut, kesimpulan yang dapat di tarik dalam penelitian ini adalah motivasi tidak berpengaruh terhadap kinerja guru melalui komitmen namun motivasi dapat berpengaruh terhadap kinerja guru secara langsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: motivasi, lingkungan kerja, komitmen kinerja guru
Subjects: L Education > teacher competence
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > the role of the teacher
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 04:58
Last Modified: 21 Oct 2020 04:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40321

Actions (login required)

View Item View Item