KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TUTOR FEEDBACK BERBANTUAN TRIANGLE CALCULATOR


Lukky Fadillah, 0401517052 (2019) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TUTOR FEEDBACK BERBANTUAN TRIANGLE CALCULATOR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TUTOR FEEDBACK BERBANTUAN TRIANGLE CALCULATOR]
Preview
PDF (KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TUTOR FEEDBACK BERBANTUAN TRIANGLE CALCULATOR) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Fadillah, L. 2019. “Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Gaya Kognitif pada Model Problem Based Leraning dengan Tutor Feedback Berbantuan Triangle Calculator”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing 1 Prof. Dr. Kartono, M.Si., Pembimbing II Prof. Dr. Supriyadi, M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Gaya Kognitif, Problem Based Leraning, Tutor Feedback, Triangle Calculator. Pembelajaran akan lebih bermakna apabila dapat mengaitkan pengalaman kehidupan sehari – hari siswa baik di lingkungan sekolah maupun tempat tinggalnya dengan ide – ide matematika dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas yang mendapatkan model Problem Based Learning (PBL) dengan tutor feedback berbantuan triangle calculator dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal, (2) menguji kemampuan komunikasi matematis siswa pada model PBL dengan tutor feedback berbantuan triangle calculator lebih baik dari siswa pada model discovery learning, dan (3) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis berdasarkan gaya kognitif melalui model PBL dengan tutor feedback berbantuan triangle calculator. Penelitian ini menggunakan jenis mixed method dengan tipe concurent embedded. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Kadugede 2018/2019. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, yang dipilih secara acak oleh dua kelas populasi sehingga terpilih dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol masing – masing sebanyak 34 siswa. Adapun teknik pengambilan subjek menggunakan purposiv dengan 3 siswa gaya kognitif FI, 3 siswa gaya kognitif FDI dan 3 siswa gaya kognitif FD pada kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data kuantitatif dengan tes kemampuan komunikasi matematis sedangkan teknik pengumpulan data kualitatif menggunakan Group Embedded Figure Test (GEFT), wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model PBL dengan tutor feedback berbantuan triangle calculator dapat melampaui kriteria ketuntasan minimal, (2) kemampuan komunikasi matematis siswa pada model PBL dengan tutor feedback berbantuan triangle calculator lebih baik dari siswa yang mendapatkan model discovery learning, dan (3) Kemampuan komunikasi matematis dengan gaya kognitif FD mampu menyelesaikan empat indikator, tetapi tidak mampu dalam mengilustrasikan gambar dan tidak menyelesaikannya dengan benar, kemampuan komunikasi matematis dengan gaya kognitif FDI mampu menyelesaikan empat indikator tetapi tidak menyelesaikannya dengan benar sedangkan kemampuan komunikasi matematis dengan gaya kognitif FI mampu menyelesaikan empat indikator tetapi ada satu indikator yang belum diselesaikan dengan benar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Gaya Kognitif, Problem Based Leraning, Tutor Feedback, Triangle Calculator.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 03:51
Last Modified: 21 Oct 2020 03:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40313

Actions (login required)

View Item View Item