KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE PADA MODEL ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMEN AND SATISFACTION BERNUANSA ETNOMATEMATIKA


Ika Nurhaqiqi Noviyana, 0401517004 (2019) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE PADA MODEL ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMEN AND SATISFACTION BERNUANSA ETNOMATEMATIKA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE PADA MODEL  ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMEN AND SATISFACTION BERNUANSA ETNOMATEMATIKA]
Preview
PDF (KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE PADA MODEL ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMEN AND SATISFACTION BERNUANSA ETNOMATEMATIKA) - Submitted Version
Download (10MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Noviyana, I. N. 2019. “Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self-Confidence pada Model Assurance Relevance Interest Assessment and Satisfaction Bernuansa Etnomatematika.” Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Rochmad, M.Si., Pembimbing II Dr. Nuriana Rachmani Dewi (Nino Adhi), S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Confidence, ARIAS Bernuansa Etnomatematika. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya self-confidence pada diri siswa, serta rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Upaya untuk memperbaiki hal tersebut yaitu dengan menggunakan model ARIAS bernuansa etnomatematika. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk menganalisis kualitas pembelajaran matematika; 2) untuk mengetahui pengaruh self-confidence terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa; 3) untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self-confidence; dan 4) untuk mengidentifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan komunikasi matematis. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu mixed method. Strategi penelitian yang digunakan yaitu sequential explanatory, dengan desain penelitian pretest postest control group design. Variabel dalam penelitian ini yaitu kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence. Pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi, dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Karangampel. Sampel kuantitatif yaitu siswa kelas VIII-B dan VIII-C. Teknik analisis data kuantitatif dengan uji beda t, uji regresi linear, dan deskriptif. Teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peragkat pembelajaran valid dengan kategori sangat baik, model pembelajaran yang digunakan praktis dengan persentase kepraktisan 84%, kemampuan komunikasi matematis siswa telah mencapai ketuntasan, proporsi siswa yang tuntas dalam kemampuan komunikasi paling banyak 75%, rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen lebih dari siswa kelas kontrol, proporsi kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen lebih dari proporsi siswa kelas kontrol, rata-rata pencapaian siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari siswakelas kontrol, pengaruh self-confidence terhadap kemampan komunikasi matematis siswa sebesar 1,8%. Kemampuan komunikasi matematis siswa pada setiap kategori self-confidence memiliki kesamaan dan perbedaan, siswa dengan self-confidence sedang dan self-confidence rendah memiliki kesamaan yaitu mampu menyatakan situasi dan peristiwa sehari-hari ke dalam bentuk model matematika (diagram dan ekspresi aljabar), juga mampu dalam membuat pertanyaan matematika sesuai dengan informasi yang terdapat pada soal, keduanya telah mampu dalam mendengarkan, berdiskusi, dan menulis tentang matematika, kedua kelompok juga mampu dalam membaca dengan pemahaman suatu presentasi tertulis, akan tetapi belum mampu dalam merumuskan suatu definisi, sedangkan perbedaan dari kedua kelompok yaitu hanya siswa pada self-confidence sedang yang mampu dalam menjelaskan ide dan model matematika ke dalam bahasa biasa. Berdasarkan analisis kesalahan, siswa dengan kemampuan komunikasi matematis kategori atas tidak mengalami kesalahan saat menyelesaikan masalah, untuk siswa dengan kemampuan komunikasi matematis kategori tengah tidak menyelesaikan jawabannya sesuai dengan soal yang diberikan, dan untuk siswa dengan kemampuan komunikasi matematis kategori bawah tidak mampu menuliskan informasi yang terdapat pada soal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Confidence, ARIAS Bernuansa Etnomatematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 03:11
Last Modified: 21 Oct 2020 03:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40310

Actions (login required)

View Item View Item