ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT DAN KECEMASAN MATEMATIKA


Febriana Wahyuningtyas, 0401516056 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT DAN KECEMASAN MATEMATIKA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT DAN KECEMASAN MATEMATIKA]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT DAN KECEMASAN MATEMATIKA) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Wahyuningtyas, Febriana. 2019. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient dan Kecemasan Matematika”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Hardi Suyitno, M.Pd., Pembimbing II Dr. Mohammad Asikin, M.Pd. Kata Kunci: Adversity Quotient, Kecemasan Matematika, Kemampuan Berpikir Kreatif. Kemampuan berpikir kreatif, kecemasan matematika, dan adversity quotient, memegang peranan penting dalam matematika.. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa kategori climber dengan kecemasan rendah, (2) menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa kategori climber dengan kecemasan sedang, (3) menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa kategori climber dengan kecemasan tinggi, (4) menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa kategori camper dengan kecemasan rendah, (5) menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa kategori camper dengan kecemasan sedang, (6) menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa kategori camper dengan kecemasan tinggi, (7) menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa kategori quitter dengan kecemasan rendah, (8) menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa kategori quitter dengan kecemasan sedang, (9) menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa kategori quitter dengan kecemasan tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII F dan kelas kelas VIII G SMP N 9 Semarang, serta siswa kelas VIII C SMP N 8 Semarang. Subjek penelitian dipilih berdasarkan berdasarkan kategori adversity quotient dan kecemasan matematika. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir kreatif siswa kategori climber dengan kecemasan rendah tergolong sangat kreatif, (2) kemampuan berpikir kreatif siswa kategori climber dengan kecemasan sedang tergolong sangat kreatif, (3) kemampuan berpikir kreatif siswa kategori climber dengan kecemasan tinggi tergolong cukup kreatif, (4) kemampuan berpikir kreatif siswa kategori camper dengan kecemasan rendah tergolong cukup kreatif, (5) kemampuan berpikir kreatif siswa kategori camper dengan kecemasan sedang tergolong cukup kreatif, (6) kemampuan berpikir kreatif siswa kategori camper dengan kecemasan tinggi tergolong kurang kreatif, (7) kemampuan berpikir kreatif siswa kategori quitter dengan kecemasan rendah tergolong tidak kreatif, (8) kemampuan berpikir kreatif siswa kategori quitter dengan kecemasan sedang tergolong tidak kreatif, (9) kemampuan berpikir kreatif siswa kategori quitter dengan kecemasan tinggi tergolong tidak kreatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Adversity Quotient, Kecemasan Matematika, Kemampuan Berpikir Kreatif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Process
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 02:45
Last Modified: 21 Oct 2020 02:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40307

Actions (login required)

View Item View Item