ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DENGAN FAST FEEDBACK


Ignasia Santi Kumala Swari, 0401517043 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DENGAN FAST FEEDBACK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DENGAN FAST FEEDBACK]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DENGAN FAST FEEDBACK) - Submitted Version
Download (6MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Swari, Ignasia Santi Kumala. 2020. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran Missouri Mathematics Project Dengan Fast Feedback”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Kartono, M.Si., Pembimbing II Dr. Walid, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Fast Feedback, Missouri Mathematics Project, Kecerdasan Emosional. Penelitian ini bertujian untuk: (1) menguji keefektifan pembelajaran Missouri Mathematics Project dengan fast feedback terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII, (2) menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari kecerdasan emosional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian mix method dengan desain sequential explanatory. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMPN 1 Kedung tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan pembelajaran Misouri Mathematics Project dengan fast feedback dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan dengan model Problem Based Learning. Pengambilan subjek berdasarkan karakteristik tipe kecerdasan emosional yaitu tipe sensitivity dan tipe competency yang masing- masing tipe diambil 3 subjek berdasarkan kemampuan komunikasi matematis pada kelompok atas, tengah, dan bawah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran MMP dengan fast feedback efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) Pencapaian kemampuan komunikasi matematis tertulis dan lisan pada siswa dengan tipe kecerdasan emosional tipe sensitivity kelompok atas berada pada level 4 dan 4 , siswa sensitivity kelompok tengah berada pada level 3 dan 3, dan siswa sensitivity kelompok bawah berada pada level 2 dan 2. Level kemampuan komunikasi matematis tertulis dan lisan pada siswa dengan kecerdasan emosional tipe competency kelompok atas berada pada level 3 dan 3, siswa competency kelompok tengah berada pada level 2 dan 3, dan siswa competency kelompok bawah berada pada level 2 dan 2.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Fast Feedback, Missouri Mathematics Project, Kecerdasan Emosional.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Resources
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 02:38
Last Modified: 21 Oct 2020 02:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40306

Actions (login required)

View Item View Item