PENINGKATAN IMAJINASI MATEMATIS SISWA SLB TUNANETRA PADA INQUIRY BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA MANIPULATIF


Siska Dwi Lestari, 4101415121 (2019) PENINGKATAN IMAJINASI MATEMATIS SISWA SLB TUNANETRA PADA INQUIRY BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA MANIPULATIF. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENINGKATAN IMAJINASI MATEMATIS SISWA SLB TUNANETRA PADA INQUIRY BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA MANIPULATIF]
Preview
PDF (PENINGKATAN IMAJINASI MATEMATIS SISWA SLB TUNANETRA PADA INQUIRY BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA MANIPULATIF) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Imajinasi matematis sangat dibutuhkan siswa dalam pembelajaran matematika termasuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Salah satu upaya untuk meningkatkan imajinasi matematis siswa adalah melalui pembelajaran dengan model inquiry based learning berbantuan alat peraga manipulatif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan imajinasi matematis siswa tunanetra pada pembelajaran inquiry based learning berbantuan alat peraga manipulatif; (2) Mendeskripsikan peran alat peraga manipulatif dalam meningkatkan imajinasi matematis siswa tunanetra materi keliling dan luas lingkaran pada pembelajaran inquiry based learning. Penelitian ini merupakan penelitian mix methods yang menggunakan single subject research design. Analisis kuantitaif untuk mengetahui peningkatkan imajinasi matematis siswa tunanetra, sedangkan analisis kualitatif untuk mendeskripsikan peran alat peraga manipulatif dalam meningkatkan imajinasi matematis siswa tunanetra. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tunanetra di SMPLB Negeri Salatiga kelas VII-A tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam metode pengamatan, tes imajinasi matematis, wawancara, dan penilaian dokumen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil belajar siswa meningkat setelah pelaksanaan inquiry based learning berbantuan alat peraga manipulatif. Peran alat peraga manipulatif dalam meningkatkan imajinasi matematis siswa tunanetra materi keliling dan luas lingkaran pada pembelajaran inquiry based learning adalah membantu siswa menyelesaikan soal karena siswa mampu mengaplikasikan alat peraga dalam penyelesaian soal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inquiry Based Learning, Alat Peraga Manipulatif, Imajinasi Matematis, Tunanetra.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 21 Oct 2020 01:28
Last Modified: 21 Oct 2020 01:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40301

Actions (login required)

View Item View Item