KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA VIDEO ECOBRICK BERBASIS JARINGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/SMK


Siti Zummaroh, 2101416084 (2020) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA VIDEO ECOBRICK BERBASIS JARINGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/SMK. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2101416084.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 edisi revisi 2016 merupakan pembelajaran berbasis teks, hal tersebut ditujukan supaya peserta didik dapat memproduksi dan menggunakan teks sesuai dengan tujuan dan fungsi sosialnya. Menulis teks prosedur diajarkan pada peserta didik kelas XI SMA/SMK. Keberhasilan pembelajaran dapat dilihat dari hasil dan proses pembelajaran. Untuk mendukung proses pembelajaran daring yang efektif, diperlukan sebuah model pembelajaran yang efektif dan inovatif. Adanya penerapan model pembelajaran, diharapkan pendidik dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif dan lebih bervariasi supaya peserta didik termotivasi untuk mengikuti pembelajaran secara daring. Oleh karena itu, dilakukan uji coba untuk mengetahui keefektifan pembelajaran menulis teks prosedur menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media video ecobrick berbasis jaringan pada peserta didik kelas XI SMA/SMK. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah keefektifan pembelajaran menulis teks prosedur menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media video ecobrick berbasis jaringan pada peserta didik kelas XI SMA/SMK, (2) bagaimana keefektifan pembelajaran menulis teks prosedur menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media video ecobrick berbasis jaringan pada peserta didik kelas XI SMA/SMK, (3) manakah model pembelajaran yang lebih efektif antara model Problem Based Learning (PBL) dan model Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran menulis teks prosedur berbantuan media video ecobrick berbasis jaringan pada peserta didik kelas XI SMA/SMK. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design (eksperimen semu). Bentuk quasi eksperimental design dalam penelitian ini yaitu nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Semarang dengan sampel kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 yang mendapatkan perlakuan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 yang mendapatkan perlakuan model Project Based Learning (PjBL).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran menulis teks prosedur; model Problem Based Learning (PBL); model Project Based Learning (PjBL); media video ecobrick; dan berbasis jaringan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 20 Oct 2020 08:25
Last Modified: 20 Oct 2020 08:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40299

Actions (login required)

View Item View Item