MANAJEMEN PROGRAM PUSAT LAYANAN AUTIS KEPADA ANAK USIA DINI DENGAN GANGGUAN AUTISM SPECTRUM DISORDERS (ASD) DI KOTA BLITAR


Raeh Niken Baghiroh, 0108517020 (2019) MANAJEMEN PROGRAM PUSAT LAYANAN AUTIS KEPADA ANAK USIA DINI DENGAN GANGGUAN AUTISM SPECTRUM DISORDERS (ASD) DI KOTA BLITAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MANAJEMEN PROGRAM PUSAT LAYANAN AUTIS KEPADA ANAK USIA DINI DENGAN GANGGUAN AUTISM SPECTRUM DISORDERS (ASD) DI KOTA BLITAR]
Preview
PDF (MANAJEMEN PROGRAM PUSAT LAYANAN AUTIS KEPADA ANAK USIA DINI DENGAN GANGGUAN AUTISM SPECTRUM DISORDERS (ASD) DI KOTA BLITAR)
Download (6MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Baghiroh, Raeh Niken, 2019. “Manajemen Program Pusat Layanan Autis kepada Anak Usia Dini dengan Gangguan Autism Spectrum Disorders (ASD) di Kota Blitar”. Tesis, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Sugiyo, M.Si, Pembimbing II Dr. Sri Maryati Deliana, M.Si. Kata Kunci: anak usia dini, Autism Sprectrum Disorder (ASD), pusat layanan autis Berdasarkan data yang diperoleh dari (klinikautis.com) jumlah penyandang Autism Sprectrum Disorder (ASD) di Indonesia mengalami peningkatan hingga 134.000 anak, maka pemerintah mendirikan sebuah program khusus untuk menangani anak ASD yaitu pusat layanan autis. Pusat layanan autis merupakan wadah bagi anak yang memiliki kelainan baik secara psikologis, fisik, maupun yang lain untuk mendapatkan pendidikan khusus. Penanganan bagi anak ASD harus dilakukan secara kontinu baik di pusat layanan autis, di rumah maupun di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis secara lebih mendalam tentang manajemen program pusat layanan autis, implementasi program pusat layanan autis kepada anak usia dini dengan gangguan Autism Sprectrum Disorder (ASD), serta faktor penghambat dan faktor pendukung implementasi program pusat layanan autis di Kota Blitar. Metode penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian primer meliputi: pimpinan/ kepala pusat layanan autis, pendidik/ terapis, asisten pelaksana program. Sedangkan subjek penelitian sekunder yaitu orang tua peserta didik yang masih aktif, orang tua peserta didik yang sudah alumni, pendidik PAUD, dan Pendidik TK. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber data dan metode. Analisis data menurut Milles dan Huberman dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dilaksanakan cukup baik. Pelaksanaan belum diterapkan sesuai dengan perncanaan, pemberian terapi tidak hanya anak ASD saja, tetapi anak non-ASD. Kendala yang sering dihadapi yaitu waktu pelaksanaan terapi sangat singkat, orang tua yang belum menjalankan home program dengan baik, dan kurangnya pengetahuan tentang penanganan anak ASD bagi pendidik PAUD. Meskipun dari pihak pusat layanan autis sudah mengadakan sosialisasi akan tetapi belum dilaksanakan secara merata dan konsisten sehingga orang tua dan pendidik PAUD/TK mengalami kesulitan dalam memberikan penanganan bagi anak ASD di rumah maupun di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: anak usia dini, Autism Sprectrum Disorder (ASD), pusat layanan autis
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > RZ Other systems of medicine > Alternative Healing
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 20 Oct 2020 07:49
Last Modified: 20 Oct 2020 07:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40291

Actions (login required)

View Item View Item