PERSEPSI KEPALA SEKOLAH DAN GURU PADA PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA GURU TAMAN KANAKKANAK (TK) DI KABUPATEN SEMARANG


Dyah Retno Fitri Utami, 0108517012 (2019) PERSEPSI KEPALA SEKOLAH DAN GURU PADA PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA GURU TAMAN KANAKKANAK (TK) DI KABUPATEN SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERSEPSI KEPALA SEKOLAH DAN GURU PADA PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA GURU TAMAN KANAKKANAK (TK) DI KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (PERSEPSI KEPALA SEKOLAH DAN GURU PADA PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA GURU TAMAN KANAKKANAK (TK) DI KABUPATEN SEMARANG)
Download (6MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Utami, Dyah Retno Fitri, 2019. “Persepsi Kepala Sekolah dan Guru Pada Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak (TK) di Kabupaten Semarang”. Tesis, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini.Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Lita Latiana, M.H., dan Pembimbing II Yuli Kurniawati, S.P., S.Psi., M.A., Ph.D. Kata Kunci: Kompetensi Guru, Kinerja Mengajar, Guru Taman Kanak-kanak. Kepemilikan keempat kompetensi guru dapat membentuk profesionalisme kerja dan tergambar dari kinerja mengajar yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh masing-masing kompetensi guru terhadap kinerja mengajar, menganalisis level agreement kompetensi guru berdasarkan self report dan penilaian kepala sekolah, menganalisis level agreement kinerja guru berdasarkan self report guru dan penilaian kepala sekolah, serta mendeskripsikan kompetensi guru dalam pelaksanaan pembelajaran di TK Kabupaten Semarang. Desain penelitian yang digunakan adalah sequential mixed methods dengan mengkombinasikan penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif dalam satu penelitian. Sampel penelitian adalah 101 orang kepala sekolah dan 173 orang guru TK di Kabupaten Semarang. Pengumpulan data kuantitatif meggunakan kuesioner dengan skala likert. Sedangkan pengumpulan data kualitatif menggunaka metode wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada analisis kuantitatif menunjukkan bahwa pada masingmasing kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kinerja mengajar guru sebesar 34,9% pada kompetensi pedagogik, 40% pada kompetensi kepribadian, 50,4% pada kompetensi sosial, dan 45,7% pada kompetensi profesional. Sedangkan hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa kompetensi guru dalam pelaksanaan pembelajaran di TK Kabupaten Semarang secara umum sudah cukup baik. Dalam penilaian kompetensi dan kinerja guru tidak hanya menggunakan rating scale saja namun dapat menggunakan unjuk kerja guru dan deskripsi diri. Dalam penilaian kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru dapat mengkombinasikan tes dan unjuk kerja sedangkan penilaian kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru dapat menggunakan lembar penilaian diri melalui deskripsi diri. Saran dalam penelitian ini, diharapkan lembaga TK dalam meningkatkan kompetensi guru dilakukan dengan menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan pembelajaran sehingga dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran secara lebih optimal dan guru dapat tetap melakukan pengembangan diri dan meningkatkan kualitas diri untuk menghasilkan kinerja mengajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kompetensi Guru, Kinerja Mengajar, Guru Taman Kanak-kanak.
Subjects: L Education > teacher competence
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > perceptions of teachers
L Education > L Education (General) > the role of the teacher
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 20 Oct 2020 07:43
Last Modified: 20 Oct 2020 07:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40290

Actions (login required)

View Item View Item