ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK REALISTIK DITINJAU DARI KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA SEKOLAH DASAR


DIAN BAYUJAGA, 0103513136 (2018) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK REALISTIK DITINJAU DARI KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK REALISTIK DITINJAU DARI KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA SEKOLAH DASAR]
Preview
PDF (ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK REALISTIK DITINJAU DARI KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA SEKOLAH DASAR) - Submitted Version
Download (6MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya rasa ingin tahu dan pemahaman konsep siswa kelas IV SD Negeri di Kabupaten Kendal pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui tingkatan karakter rasa ingin tahu siswa setelah pembelajaran tematik-realistik (2) Mengetahui kemampuan pemahaman konsep pecahan setelah diterapkan pembelajaran tematik-realisitk. Metode yang digunakan adalah Mixed Method dengan model sequential explanatory. Sampel penelitian seluruh kelas IV. Dengan tehnik analisis data uji t test dan uji z score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan karakter rasa ingin tahu terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis yang diperoleh siswa (2) Implementasi pembelajaran tematik-realistik mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa secara signifikan daripada kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Resources
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 20 Oct 2020 07:30
Last Modified: 20 Oct 2020 07:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40287

Actions (login required)

View Item View Item