NILAI PENIDIKAN KARATER DALAM MITOS PERTUNJUKAN TARI WANARA PARISUKA PADA RITUAL SESAJI REWANDA DI GOA KREO GUNUNGPATI SEMARANG


Yunik Ekowati, 0204517035 (2019) NILAI PENIDIKAN KARATER DALAM MITOS PERTUNJUKAN TARI WANARA PARISUKA PADA RITUAL SESAJI REWANDA DI GOA KREO GUNUNGPATI SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of NILAI PENIDIKAN KARATER DALAM MITOS PERTUNJUKAN TARI WANARA PARISUKA PADA RITUAL SESAJI REWANDA DI GOA KREO GUNUNGPATI SEMARANG]
Preview
PDF (NILAI PENIDIKAN KARATER DALAM MITOS PERTUNJUKAN TARI WANARA PARISUKA PADA RITUAL SESAJI REWANDA DI GOA KREO GUNUNGPATI SEMARANG)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Ekowati, Yunik. 2019. “Nilai Pendidikan Karakter dalam Mitos Pertunjukan Tari Wanara Parisuka Pada Ritual Sesaji Rewanda Di Goa Kreo Gunungpati Semarang”. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Seni, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Sunarto, M.Sn, M.Hum, Pembimbing II Dr. Malarsih, M.Sn, i-xvii, 204 hal. Kata Kunci: Tari Wanara Parisuka, Nilai Pendidikan Karakter, Mitos Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan menganalisis bentuk tari Wanara Parisuka sebagai media ekspresi masyarakat dusun Talunkacang Goa Kreo Semarang, pada mitos pertunjukan tari Wanara Parisuka dalam Sesaji Rewanda dan konteks nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat dimanfaatkan dalam bentuk sikap dan moralitas warga masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Fokus dari Penelitian ini adalah mitos dan nilai pendidikan karakter di dalam Tari Wanara Parisuka. Metode pengumpulan data dalam penelitian melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Pengamatan, termasuk deskripsi lokasi dan masyarakat dusun Talunkacang Goa Kreo. Penjabaran dari lokasi tersebut terdiri dari posisi dan lokasi penelitian, sejarah, visi dan misi, infrastruktur, masyarakat, lembaga pendidikan, kondisi, manajemen, dan kelompok sadar wisata (POKDARWIS). Wawancara penelitian ini dilakukan untuk narasumber pencipta, pelatih tari Wanara Parisuka, juru kunci Goa Kreo, pegawai objek wisata Goa Kreo, Dinas Pariwisata kota Semarang, penduduk, penari dan pengunjung. Wawancara disiapkan direncanakan untuk pertanyaan yang berkaitan dengan masalah penelitian. Dokumentasi yang diambil terkait dengan Tari Wanara Parisuka antara lain; gerak tari, kostum atau pakaian, formasi/pola lantai tari, iringan musik dan infrastruktur pendukung. Teknik validitas data yang digunakan sumber Triangulasi. Proses validitas data yang digunakan dengan mengkaji data dari berbagai sumber. Data tersebut kemudian dideskripsikan, dikategorikan, dan dianalisa untuk menarik kesimpulan. Seni tari Wanara Parisuka merupakan salah satu kesenian yang terdapat di dalam rangkaian Ritual Sesaji Rewanda di Goa Kreo Semarang. Tulisan ini membahas permasalahan tentang bentuk penyajian, mitos dan pendidikan karakter dalam pertunjukan tari Wanara Parisuka pada Ritual Sesaji Rewanda di Goa Kreo Semarang, dengan pendekatan teori mitos Mircea Eliade menyebutkan ada lima mitos yaitu; lima tipe mitos yaitu: 1) mitos kosmogoni, 2) mitos asal-usul, 3) mitos tentang dewa-dewa dan makhluk Illahi, 4) mitos androgoni, 5) mitos akhir dunia, dan teori pendidikan Lickona serta Permendikbud No. 20 Tahun 2018 tentang penguatan pendidikan karakter pada satuan pendidikan formal, nilai pendidikan karakter sebagai pisau analisis. Hasil yang diperoleh dalam studi ini menunjukkan bahwa; tari Wanara Parisuka berisi nilai pendidikan karakter; menghormati, tanggung jawab, kerja keras, kreatif, peduli sosial, cinta damai, dan rasa syukur.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Tari Wanara Parisuka, Nilai Pendidikan Karakter, Mitos
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > Local Wisdom
L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NL Theater and Dance
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Seni, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 20 Oct 2020 06:46
Last Modified: 20 Oct 2020 06:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40279

Actions (login required)

View Item View Item