FILM ANIMASI SEBAGAI STIMULUS KREATIVITAS MENGGAMBAR ILUSTRASI BAGI SISWA KELAS III SEMESTA BILINGUAL ELEMENTARY SCHOOL


Yofita Sari, 0204517018 (2019) FILM ANIMASI SEBAGAI STIMULUS KREATIVITAS MENGGAMBAR ILUSTRASI BAGI SISWA KELAS III SEMESTA BILINGUAL ELEMENTARY SCHOOL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FILM ANIMASI SEBAGAI STIMULUS KREATIVITAS MENGGAMBAR ILUSTRASI BAGI SISWA KELAS III SEMESTA BILINGUAL ELEMENTARY SCHOOL]
Preview
PDF (FILM ANIMASI SEBAGAI STIMULUS KREATIVITAS MENGGAMBAR ILUSTRASI BAGI SISWA KELAS III SEMESTA BILINGUAL ELEMENTARY SCHOOL)
Download (3MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Sari, Yofita. (2019). “Film Animasi sebagai Stimulus Kreativitas Menggambar Ilustrasi bagi Siswa Kelas III Semesta Bilingual Elementary School”.Tesis. Pendidikan Seni Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Muhammad Jazuli, M.Hum. Pembimbing II Dr. Syakir, M.Sn. i-xxi, 1-368. Kata Kunci: Film Animasi, Gambar Ilustrasi, Kreativitas, Stimulus Banyaknya teknologi yang bermunculan atau pesatnya peradaban akan menuntut kesiapan sumber daya manusia yang lebih kreatif dalam segala hal. Sehingga kondisi lingkungan yang kreatif dan tersedianya kesempatan melakukan berbagai kegiatan kreatif bagi anak-anak perlu dimanfaatkan untuk mengembangkan budaya kreativitasnya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kreativitas siswa hasil pemanfaatan film animasi dalam menggambar ilustrasi. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi dengan pengamatan terkendali. Lokasi penelitian di Semesta Bilingual Elementary School dengan subjek siswa Kelas III. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes yang kemudian diabsahkan menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif menggunakan teori estetika dan kreativitas. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan aspek estetika pada pengamatan terkendali 1 sebagian besar siswa (50%) mendapatkan nilai rentang 75-80 kategori cukup, pengamatan terkendali 2 sebagian besar siswa (43,75%) mendapatkan nilai rentang 81-85 katergori baik. Berdasarkan aspek kreativitas dari 16 siswa Kelas III B, terdapat lima siswa (31,25%) memilih scene Marlin menasihati Nemo (S-01), dua siswa (12,5%) memilih scene ikan pari menjemput murid-muridnya (S-02), empat siswa (25%) memilih scene Marlin bertemu dengan Dory (S-03), tiga siswa (18,75%) memilih scene nemo ditahan dalam akuarium (S-04), dan dua siswa (12,5%) memilih scene Marlin dapat menemukan Nemo (S-05) sebagai referensi menggambar ilustrasi Finding Nemo. Analisis kreativitas yang didapatkan, siswa mengambil referensi dari scene, dikembangankan gagasannya dalam pembuatan karya dengan menambahkan figur ikan dan objek lain serta memperindah background dengan teknik pewarnaan gradasi Hasil akhir yang didapatkan menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa. Film animasi dapat menarik perhatian siswa, mengoptimalkan kemampuan siswa, menstimulus kreativitas siswa dalam berkarya. Implikasi penelitian ini dapat menumbuhkembangkan potensi siswa agar berpikir dan bersikap kreatif menghadapi kemajuan teknologi yang semakin pesat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Film Animasi, Gambar Ilustrasi, Kreativitas, Stimulus
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > motivation to learn
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Seni, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 20 Oct 2020 06:32
Last Modified: 20 Oct 2020 06:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40277

Actions (login required)

View Item View Item