KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT PADA PEMBELAJARAN SAVI


Novira Rahmadian Mahendra, 0401517018 (2019) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT PADA PEMBELAJARAN SAVI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT PADA PEMBELAJARAN SAVI]
Preview
PDF (KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT PADA PEMBELAJARAN SAVI) - Submitted Version
Download (5MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Mahendra, N.R. 2019. “Kemampuan Representasi Matematis Siswa Ditinjau dari Adversity Quotientí pada Pembelajaran SAVI”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Isnarto, M.Si., Pembimbing II Dr. Mulyono, M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Adversity Quotient, SAVI. Kemampuan representasi matematis berguna untuk siswa agar dapat merepresentasikan ide-ide matematis ketika menemui kesulitan dalam menyelesaikan persoalan. Daya juang siswa atau adversity quotient juga berkontribusi dalam mencapai keberhasilan untuk menyelesaikan masalah. Pembelajaran somatic, auditory, visualization, intellectually (SAVI) membantu meningkatkan kemampuan untuk mengekspresikan ide mereka (intellectually) jika mereka mencoba melakukan sesuatu (somatic) untuk menghasilkan gambar, diagram, atau grafik (visual) dan membahas apa yang mereka lakukan (auditory). Sehingga pembelajaran SAVI sebagai inovasi untuk mengembangkan kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pembelajaran SAVI terhadap kemampuan representasi matematis dan mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari adversity quotient. Jenis Penelitian ini adalah mixed method tipe squential explanatory. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 16 Semarang. Kelas VIII C dan VIII D menjadi sampel penelitian. Instrumen penelitian: angket adversity quotient, soal tes kemampuan representasi matematis, pedoman wawancara, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian: (1) Kualitas pembelajaran SAVI terhadap kemampuan representasi matematis berkategori baik. (2) Deskripsi kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari adversity quotient yaitu (1) siswa kategori quitter mampu menguasai indikator kemampuan representasi matematis (IKRM) 1, (2) siswa kategori camper mampu menguasai indikator kemampuan representasi matematis (IKRM) 1, IKRM 2, dan IKRM 4, (3) siswa kategori climber mampu menguasai indikator kemampuan representasi matematis (IKRM) 1, IKRM 2, IKRM 3, IKRM 4. Siswa kategori quitter, camper, dan climber mampu menggambar bangun geometri untuk memperjelas masalah dan memfasilitasi penyelesaian. Siswa Camper dan Climber mampu membuat persamaan atau model matematika dari representasi lain yang diberikan dan mampu menulis langkah-langkah penyelesaian masalah matematis dengan kata-kata. Subjek Climber mampu menulis interpretasi dari suatu representasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Adversity Quotient, SAVI.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Education System
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 20 Oct 2020 04:47
Last Modified: 20 Oct 2020 04:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40273

Actions (login required)

View Item View Item