KREATIVITAS PENDIDIK DAN STRATEGI PEMBELAJARAN MUSIK MELALUI PENDEKATAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME PADA PENDIDIKAN MUSIK DI SEKOLAH ALAM BOSOWA MAKASSAR SEBAGAI MEDIA AKTUALISASI


Vikran M. Marauna, 0204516041 (2019) KREATIVITAS PENDIDIK DAN STRATEGI PEMBELAJARAN MUSIK MELALUI PENDEKATAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME PADA PENDIDIKAN MUSIK DI SEKOLAH ALAM BOSOWA MAKASSAR SEBAGAI MEDIA AKTUALISASI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KREATIVITAS PENDIDIK DAN STRATEGI PEMBELAJARAN MUSIK MELALUI PENDEKATAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME PADA PENDIDIKAN MUSIK DI SEKOLAH ALAM BOSOWA MAKASSAR SEBAGAI MEDIA AKTUALISASI]
Preview
PDF (KREATIVITAS PENDIDIK DAN STRATEGI PEMBELAJARAN MUSIK MELALUI PENDEKATAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME PADA PENDIDIKAN MUSIK DI SEKOLAH ALAM BOSOWA MAKASSAR SEBAGAI MEDIA AKTUALISASI)
Download (2MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Vikran M. Marauna 2019. “Kreativitas Pendidik Dan Strategi Pembelajaran Musik Melalui Pendekatan Beyond Center And Circle Time Pada Pendidikan Musik Di Sekolah Alam Bosowa Makassar Sebagai Media Aktualisasi” Tesis, Program Studi Pendidikan Seni S2. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Udi Utomo, M.Si., Pembimbing II Dr. Wadiyo, M.Si. Kata kunci: BCCT, Pembelajaran Musik, Kreativitas, Aktualisasi Pentingnya siswa diberi bekal pendidikan musik karena yang mendasari hal ini bahwa SABM berkiblat pada salah satu kecerdasan jamak yaitu kecerdasan musik. Upaya pendidik dibutuhkan dalam menyikapi persoalan yang berhubungan dengan pembelajaran musik melaui pendekatan BCCT yang diterapkan di SABM, Meskipun pada kenyataannya tenaga pendidik yang mengajar musik latar pendidikannya tidak sesuai dengan bidang studi yang diajarkan namun SABM memberikan keleluasaan bagi pendidik untuk dapat berkreativitas sesuai dengan pengetahuan dan pengalamannya, dan sejalan dengan itu bahwa pendidikan musik di SABM dapat dijadikan sebagai media aktualisasi. Tujuan penelitian ini ialah (1) menganalisis kreativitas pendidik dalam pembelajaran musik sebagai media aktualisasi. (2) menganalisis strategi pembelajaran musik melalui pendekatan BCCT sebagai media aktualisasi Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif interpretatif dengan model studi kasus. Pendekatan interdisiplin yang melibatkan disiplin ilmu pendidikan dan psikologi. Teknik pengelolaan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas data dengan menggunakan triangulasi teknik, sumber, dan waktu. Teknik analisis data mengacu pada model interaktif Miles & Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil kreativitas pendidik menghasilkan produk konsep tahapan pembelajaran musik, produk alternatif instrumen musik dari bahan bekas, dan produk lagu yang dibuat berdasarkan tema belajar yang sesuai dengan usia peserta didik, sejalan dengan itu kreativitas yang dilakukan pendidik musik berdampak positif terhadap kebutuhan aktualisasi diri; (2) strategi pembelajaran musik di dalam pendekatan BCCT pada keempat pijakan terdapat adanya strategi pembelajaran direct intruction dan indirect intruction yang diimplemetasikan dengan beberapa metode seperti demonstrasi, cerama, tanya jawab, drill, dan inquiri. Penerapan metode yang digunakan sangat efektif digunakan untuk membantu proses pemahaman peserta didik mengenai materi baik dari segi teori dan praktek. Saran (1) produk kreativitas yang dihasilkan diharapkan dapat dikembangkan sebagai alternatif pemikiran untuk memecahkan masalah yang mengikuti perkembangan zaman; (2) strategi pembelajaran musik melalaui pendekatan BCCT yang digunakan di SABM diharapkan akan terus dikembangkan oleh pendidik, dengan pemilihan metode dan model yang lebih bervariatif guna mempercepat proses pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: BCCT, Pembelajaran Musik, Kreativitas, Aktualisasi
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General) > Interactive Learning
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > the role of the teacher
L Education > Special Education > Music Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Seni, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 20 Oct 2020 04:45
Last Modified: 20 Oct 2020 04:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40272

Actions (login required)

View Item View Item